Share

Kasus Omicron Naik Pesat, Mal Kembali Sepi?

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Minggu 06 Februari 2022 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 06 320 2543047 kasus-omicron-naik-pesat-mal-kembali-sepi-zSJ5eKmj9k.jpg Mal Kembali Sepi? (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tingkat kunjungan ke mal atau pusat perbelanjaaan mulai melandai sejak minggu lalu. Hal ini imbas meningkatnya kasus Covid-19 varian Omicron di Tanah Air.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menjelaskan, sebelum ada Omicron, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan mengalami tren kenaikan. Terlebih lagi sejak pemerintah memberlakukan berbagai pelonggaran yang dimulai sejak awal Agustus 2021.

"Namun tren kenaikan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan tersebut mulai melandai sejak minggu lalu dikarenakan terjadinya lonjakan jumlah kasus positif Covid-19 dan terutama dengan adanya penyebaran varian Omicron,” katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jakarta, Minggu (6/2/2022).

 

Baca Juga: Gelombang Ketiga Covid-19, Lonjakan Omicron Akan Lebih Tinggi dari Varian Delta

Jumlah rata-rata untuk tingkat kunjungan mal pada tahun 2021 lalu sekira 60% dibanding tahun sebelumnya pada 2020. "Yang mana adalah lebih tinggi dari rata-rata tingkat kunjungan pada tahun 2020 yang hanya sekitar 50% saja dibandingkan dengan sebelum pandemi,” katanya.

Menurutnya, sejak pertama kali pemerintah mengumumkan varian Omicron ada di Indonesia maka pusat perbelanjaan telah diperintahkan untuk lebih memperhatikan beberapa hal seperti meningkatkan protokol kesehatan.

“Memastikan protokol wajib vaksinasi yang pemeriksaannya ataupun skriningnya dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi selalu dilaksanakan secara lebih ketat, lebih disiplin dan lebih konsisten,” ujarnya.

Kemudian memastikan protokol kesehatan dilaksanakan secara lebih ketat, lebih disiplin dan lebih konsisten dan terus melakukan percepatan vaksinasi dengan mengadakan sentra vaksinasi di pusat perbelanjaan untuk melayani masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini