Share

Ubah Batu Bara Jadi Gas, Ahok: Pertamina Enggak Punya Pengalaman

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 10 Februari 2022 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 320 2545356 ubah-batu-bara-jadi-gas-ahok-pertamina-enggak-punya-pengalaman-TL3t1F4eAB.jpg Komisaris Utama Pertamina Ahok (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama menyatakan bahwa Pertamina harus segera menjalankan program dekarbonisasi guna menurunkan gas rumah kaca nasional.

"Yang pertama kita lakukan cepat itu kita pengen dekarbonisasi. Jadi gimana kita harus masuk ke solusi low karbon," ujar Ahok dalam webinar DBSI Spring Festival 2022, Kamis (10/2/2022).

Seperti diketahui pemerintah saat ini tengah berupaya menurunkan emisi gas rumah kaca. Mengingat temperatur global semakin memanas dan mengkhawatirkan.

"Ini memang tidak mudah, tapi sebetulnya kita ingin sekali seluruh PLTU yang ada atau yang berhubungan dengan PLN, itu di ganti suplai oleh gas sebelum kita masuk ke geothermal, solar atau pun biogas," terang Ahok.

Kendati demikian, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tak menapik bahwa pada kenyataannya, Pertamina belum punya pengalaman untuk mengubah sumber energi listrik dari batu bara menjadi gas.

"Kenyataannya kan Pertamina tak punya pengalaman sebetulnya untuk masuk ke sini," imbuhnya.

Maka itu, kata Ahok, strategi yang dilakukan Pertamina adalah dengan partnership dan akuisisi. Sedangkan dari sisi infrastruktur, Ahok menyebut Pertamina mampu mengurangi emisi gas rumah kaca dengan mengembangkan pembangkit listrik tenaga hidrogen.

"Itu yang perlu pertamina siapkan selain menyiapkan SDM-nya. Bukan hanya merekrut, tapi yang paling penting ketika melakukan akusisi itu kita juga mendapatkan orangnya," tukas Ahok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini