Share

Tips Menambah Penghasilan dari Usaha Sampingan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 10 Februari 2022 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 622 2545395 tips-menambah-penghasilan-dari-usaha-sampingan-Devx3HE2Dp.jpg Tips Tambah Penghasilan (Foto: Okezone)

JAKARTAUsaha sampingan yang mudah dilakukan ini bisa dicoba. Hal ini dikarenakan, tidak sedikit orang yang ingin memiliki tambahan pendapatan di luar gaji. Terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan bahwa, usaha sampingan boleh saja dilakukan. Namun, jangan sampai usaha sampingan malah menganggu pekerjaan utama.

“Pada dasarnya usaha sampingan ini tentunya harus dilakukan di luar waktu kerja kita ya. Nah, di luar waktu kerja ini tentunya tidak banyak sebetulnya. Umumnya ketika waktu kerja kan sekitar kurang lebih 8 jam dalam 1 hari, bahkan bisa lebih ya,” tutur dia saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (10/2/2022).

Walau demikian, kata Mike, jika usaha sampingan bisa dilakukan secara bersamaan dengan pekerjaan utama itu tidak masalah. Salah satunya, yakni membuka usaha sendiri.

“Usaha sendiri ini kategori atau jenisnya bisa macam-macam ya. Anda bisa misalnya betul-betul membuka usaha atau yang kedua kategorinya menjadi pekerja mandiri atau self employee atau disebutnya misalnya pekerja paruh waktu,” ujarnya.

Lanjut dia, di masa pandemi Covid-19 saat ini menurut Mike yang paling mudah dilakukan adalah berdagang. Di mana, Anda bisa menjual barang yang diproduksi sendiri atau membelinya di pihak lain.

“Anda membeli suatu produk tertentu yang diminati oleh orang-orang yang menjadi sasaran. Anda membeli kemudian menjual kembali, di situ Anda mendapatkan keuntungan,” jelas Mike.

Mike menjelaskan, barang dagangan tersebut bisa dijual secara online. Hal ini bisa memperluas pasar yang dituju.

“Anda bisa melakukan pemasaran melalui messenger seperti aplikasi Whatsapp atau Telegram. Anda juga bisa memasarkannya melalui sosial media atau juga memasarkan melalui website,” jelas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini