Share

Jangan Tertipu! Ini 3 Tips Investasi agar Tak Terjebak Penipuan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 622 2545615 jangan-tertipu-ini-3-tips-investasi-agar-tak-terjebak-penipuan-vDZ4zcvRhg.jpg Tips Memulai Investasi saham (Foto: Shutterstock)

JAKARTA โ€“ Tips investasi agar tidak terjebak penipuan bisa diikuti. Investasi merupakan salah satu cara untuk menyiapkan keuangan di masa depan.

Adapun bentuk investasi yang ditawarkan kepada konsumen cukup banyak. Tidak jarang banyak konsumen yang terjebak investasi ilegal.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini menjelaskan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari penipuan berkedok investasi.

Pertama, pastikan perusahaan yang menawarkan investasi sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

โ€œJadi cek ya, cek selalu di website OJK. Masukkan namanya dari perusahaan itu. Kalau dia terdaftar di OJK berarti dia diawasi dan memang sudah lulus atau sudah diperiksa begitu sudah dievaluasi oleh OJK dan diawasi,โ€ jelasnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (11/2/2022).

Kedua, jangan mudah teriming-imingi oleh janji untung tinggi tanpa adanya risiko. Menurut Mike, untung yang tinggi biasanya juga dibarengi risiko yang tinggi.

โ€œYang namanya untung tinggi itu biasanya juga risikonya tinggi. Jadi, juga jangan mudah teriming-imingi oleh referensi misal endorsement,โ€ kata dia.

Kemudian yang terakhir, jangan mudah teriming-imingi oleh adanya sistem. Adapun sistem yang dimaksud Mike yakni memiliki ciri-ciri seperti rekruitmen.

โ€œAda semacam bonus begitu, sebuah sistem bisnis di mana Anda bisa lebih untung lagi. Selain Anda yang berinvestasi, jika mengajak orang lain kemudian pihak perusahaan yang memberikan penawaran investasi ini menawarkan Anda bisa mengajak orang lain dan diberikan bonus,โ€ ucap Mike.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini