Share

Kurangi Impor Baja China, Dirut Krakatau Steel Minta Bantuan Sri Mulyani

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 320 2547105 kurangi-impor-baja-china-dirut-krakatau-steel-minta-bantuan-sri-mulyani-p4OKAgQWNQ.jpg Krakatau Steel Minta PMK terkait Biaya Masuk Anti Dumping Baja dari China. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Krakatau Steel Tbk meminta adanya biaya masuk anti dumping soal Hot Rolled Coil (HRC) alloy asal China. Krakatau Steel minta dibuatkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) di sektor tersebut.

Direktur Utama Krakatau Steel, Silmy Karim menjelaskan permintaan perlindungan hukum sejalan dengan keputusan Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi, mengenai pengenaan BMAD atas impor HRC of Alloy yang berasal dari China. Keputusan itu pun sudah disampaikan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Baca Juga: Sebelum Diusir dari Rapat, DPR Sebut Dirut Krakatau Steel Maling Teriak Maling

"Beberapa hal yang sedang kita perjuangkan saat ini, yaitu biaya masuk anti dumping yang kita sedang menunggu PMK-nya yang saat ini sudah di Kemenkeu," ujar Silmy dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Senin (14/2/2022).

Berdasarkan Peraruran Pemerintah (PP) Nomor 34 Tahun 2011, kata Silmy, Menteri Keuangan menetapkan besaran tarif an jangka waktu pengenaan bea masuk anti dumping.

Baca Juga: Usir Silmy Karim, Komisi VII: Kita Investigasi Khusus Krakatau Steel

Tak hanya itu, perlindungan hukum pun juga terkait anti dumping cold rolled coil/sheet (CRS/S) asal Jepang, Korea, China, Taiwan, dan Vietnam. Terkait hal ini, pemerintah tengan melakukan sunset review atau perpanjangan.

Silmy mengutarakan, langkah hukum ini pun masih menunggu PMK dari Sri Mulyani Indrawati. Lalu, ada perpanjangan dan perubahan margin dumping untuk hot rolled coil (HRC) asal Korea dan Malaysia

"Dengan suport ini saja akan memberikan banyak manfaat kepada industri baja khususnya Krakatau Steel agar bisa bersaing di negaranya sendiri," ungkap Silmy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini