Share

Menperin Pamer ke Jokowi: Diskon Pajak Mobil Cegah PHK

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 15 320 2547544 menperin-pamer-ke-jokowi-diskon-pajak-mobil-cegah-phk-N2iDEKgKXC.jpg Menperin ungkap insentif PPnBM ampuh cegah PHK (Foto: Okezone)

JAKARTA - Insentif pajak barang mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah (DTP) terbukti efektif mencegah pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor industri otomotif.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menilai, insentif ini membuat perusahaan otomotif kembali mempekerjakan karyawannya untuk memproduksi mobil karena banyaknya permintaan.

"Insentif pajak itu telah mendorong naiknya permintaan mobil. Kebijakan ini telah terbukti mampu menopang pertumbuhan dan peningkatan produksi kendaraan dan mampu menghindarkan PHK di sektor industri otomotif, khususnya di sektor IKM," ujar Menperin dihadapan Presiden Jokowi saat peresmian pencapaian produksi ekspor 2 juta unit mobil Toyota di Karawang, dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (15/2/2022).

Menperin mengatakan, kebijakan tersebut menjadi salah satu bentuk dukungan Kemenperin untuk membangkitkan industri otomotif di tengah situasi pandemi Covid-19.

Lanjut dia memaparkan, saat ini terdapat 21 perusahaan industri otomotif dengan kapasitas produksi sebesar 2,35 juta unit per tahun. Sektor tersebut juga menyerap tenaga kerja sebanyak 1,5 juta orang, baik langsung maupun tidak langsung.

Dengan rantai nilai yang luas, pada sektor otomotif terjadi peningkatan permintaan input di sektor industri (backward linkage) senilai Rp36 triliun serta peningkatan output sektor otomotif (forward linkage) senilai Rp43 triliun.

Agus menambahkan, proses manufaktur pada kendaraan roda 4 yang memperoleh insentif PPnBM DTP melibatkan sebanyak 319 perusahaan industri komponen tier 1. Hal itu juga yang mendorong peningkatan kinerja industri komponen tier 2 dan 3 yang sebagian besar termasuk kategori industri kecil dan menengah (IKM).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini