Share

Gelar Rights Issue, Jasnita Telekomindo Bidik Rp114 Miliar

Agregasi Harian Neraca, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 278 2551783 gelar-rights-issue-jasnita-telekomindo-bidik-rp114-miliar-paOp1tOzWa.jpg Rights Issue (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA ‚Äď PT Jasnita Telekomindo Tbk (JAST) berencana menambah modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau¬†rights issue¬†dan menerbitkan Waran I dengan total dana yang diincar sebesar Rp 114 miliar.

Manajemen menerangkan bahwa JAST akan melangsungkan rights issue sebanyak 406 juta saham dengan harga pelaksanaan Rp150 per saham. Jika seluruh penawaran tersebut terserap, maka perseroan berpotensi meraup dana dari rights issue sebesar Rp 61 miliar.

Sesuai rencana, sekitar 8,3% dana tersebut akan digunakan sebagai belanja modal untuk peremajaan atau penambahan server guna meningkatkan kapasitas seiring dengan adanya peningkatan trafik koneksi dan telekomunikasi.

Selain itu, dana tersebut juga akan dipakai perseroan untuk membuat backup dan melengkapi sistem Disaster Recovery Center (DRC). Lalu sekitar 50% dana rights issue dipakai untuk pengembangan proyek smart city.

Kendati begitu, proyek tersebut tidak terbatas pada infrastruktur penerangan jalan seperti lampu LED serta tiang dan aksesorisnya, tetapi juga pengembangan Global Positioning System (GPS) untuk pemetaan lokasi lampu jalan dan pengembangan aplikasi Control Management System (CMS) yang kompatibel dengan berbagai sensor Internet of Things (IoT) berbasis radio.

Sementara, sekitar 33,5% dana rights issue bakal dimanfaatkan untuk modal kerja perseroan dalam memenuhi kebutuhan operasional yang tidak terbatas pada biaya gaji dan tunjangan karyawan, biaya pemeliharaan, keperluan kantor, asuransi, pengembangan sumber daya manusia, dan pembiayaan di muka dari kemungkinan proyek yang dapat diperoleh perseroan.

Kemudian, sekitar 8,2% sisanya akan dipakai untuk pinjaman kepada anak usaha, PT Sakti Makmur Pratama (SMP) yang akan digunakan sebagai modal kerja, pembayaran vendor, biaya gaji dan tunjangan karyawan, biaya pemeliharaan, keperluan kantor, asuransi, pengembangan sumber daya manusia serta pengembangan produk digital.

Adapun penerbitan sebanyak 406 juta saham tersebut akan JAST tawarkan kepada para pemegang saham.

Nantinya, setiap pemegang 2 saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada 7 April 2022, berhak mendapatkan 1 HMETD di mana setiap 1 HMETD berhak membeli 1 saham baru seharga Rp 150 per saham.

Bersamaan dengan rights issue, emiten yang bergerak di bidang perdagangan peralatan telekomunikasi tersebut juga akan menerbitkan sebanyak 284 juta Waran I atau setara 35% dengan harga pelaksanaan Rp 188 per saham sehingga perseroan akan menghimpun dana sebesar Rp 53 miliar.

Sesuai rencana, sekitar 80% dana hasil pelaksanaan Waran Seri I akan digunakan sebagai modal kerja dalam memenuhi kebutuhan operasional.

Lalu, sekitar 20% sebagai pinjaman modal kerja kepada anak usaha, PT SMP. Adapun periode perdagangan dan pelaksanaan HMETD ini berlangsung pada 11 hingga 18 April 2022.

Sedangkan periode perdagangan Waran I di pasar reguler dan negosiasi dilaksanakan pada 13 April 2022 sampai 25 Maret 2024 serta di pasar berlangsung pada 13 April 2022 sampai 27 Maret 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini