Share

Orang Miskin di Depok Paling Sedikit Nomor 3 se-Indonesia, Lebih Banyak yang Kaya?

Antara, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 320 2555720 orang-miskin-di-depok-paling-sedikit-nomor-3-se-indonesia-lebih-banyak-yang-kaya-51Q6TOUERN.jpg Orang miskin di Depok paling sedikit nomor 3 se-Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kota Depok disebut sebagai kota dengan jumlah penduduk miskin paling sedikit atau terendah ketiga di Indonesia.

Data itu diungkap oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Jawa Barat Dadang Wihana.

Dia menyebut, persentase jumlah penduduk miskin Kota Depok terendah ketiga di Indonesia yaitu 2,58 persen.

"Hal sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang merilis 10 besar kota/kabupaten dengan persentase penduduk miskin terendah di Indonesia. Dari kesepuluh daerah itu, Kota Depok menempati urutan ketiga," kata Dadang dalam keterangannya yang diterima, Kamis (3/3/2022).

Dia juga bersyukur karena angka tersebut merupakan kabar baik untuk Kota Depok.

"Alhamdulillah, ini angka yang cukup baik. Kota Depok jumlah penduduk miskinnya 2,58 persen," ucapnya.

Penilaian tersebut juga melihat data dari 514 kota/kabupaten se-Indonesia.

Menurut Dadang, keberhasilan itu merupakan hasil dari kerja sama berbagai pihak. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 yang memberikan dampak terjadinya peningkatan angka kemiskinan.

Diketahui, langkah dari Pemkot Depok mengantisipasi kemiskinan tersebut dengan program unggulan, yaitu 5.000 pengusaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha, serta menyelesaikan persoalan ketidakcocokan antara angkatan kerja dan kebutuhan dunia kerja.

 BACA JUGA:Cari Lawan Tawuran Sambil Live Instagram, 7 ABG Bawa Sajam Diciduk Polisi di Depok

Maka dari itu, Dadang menjelaskan kalau pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat terkait kurikulum dan program kerja di SMK.

Pemkot Depok juga akan mengembangkan investasi pada tenaga kerja lokal.

Sebagai informasi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok tertinggi ketiga di Jawa Barat yaitu 81,37, setelah Kota Bandung dan Kota Bekasi.

Lalu, BPS pun melaporkan 10 kota/kabupaten di Indonesia dengan persentase jumlah penduduk miskin terendah berdasar data 2021, di mana Depok juga berada di posisi ketiga.

Dengan rinciannya, yakni Kota Sawahlunto 2,38 persen, Tangerang Selatan 2,57, Depok 2,58, Badung 2,62, Bangka Barat 2,75, Pekanbaru 2,83, Balikpapan 2,89, Denpasar 2,96, Kabupaten Banjar 3,04 dan Kota Solok 3,12.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini