Share

Jalur Kereta Api Cibatu-Garut Segera Beroperasi Usai 40 Tahun Mati Suri

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 320 2556412 jalur-kereta-api-cibatu-garut-segera-beroperasi-usai-40-tahun-mati-suri-Bq8DSR2z6i.jpg Kereta Api (Foto: Okezone)

JAKARTA- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan peninjauan kegiatan uji coba terbatas jalur kereta api Cibatu-Garut. Peninjauan itu dalam rangka memastikan kesiapan dan pemenuhan aspek keselamatan jalur kereta api Cibatu-Garut sebelum dapat dioperasikan.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan dalam kegiatan uji coba kali ini dilakukan terhadap pengujian terhadap kestabilan struktur melalui uji dinamis dengan menggunakan sarana berpenumpang.

“Selain itu, kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh pihak operator sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat terhadap pengoperasian jalur kereta api yang hampir 40 (empat puluh) tahun tidak beroperasi,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dalam keterangannya, Jumat (4/3/2022).

Kemenhub memberikan dukungan berupa subsidi PSO. Subsidi PSO ini nantinya akan dapat menekan harga tiket kereta api relasi Pasar Senen-Garut sehingga lebih terjangkau dengan harapan dapat menarik minat masyarakat.

Di sela-sela kegiatan peninjauannya, Zulfikri berpesan kepada seluruh jajarannya yang terlibat dalam kegiatan uji coba kali ini.

“Kita harus betul-betul memastikan keamanan dan keselamatan prasarana sepanjang jalur ini sebelum dapat dioperasikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kegiatan uji coba kali ini diikuti oleh masyarakat dengan jumlah yang dibatasi, Salah satu penumpang yang mengikuti kegiatan uji coba ini mengaku jauh-jauh datang dari Purwakarta.

“Kami sangat antusias ketika mendengar kabar jalur ini akan diaktifkan jadi sengaja mengajak keluarga datang khusus untuk mengikuti kegiatan uji coba,” ujar salah satu warga bernama Hamdi (40).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini