Share

Sandiaga Uno Usul Bangun Kereta Gantung Atasi Macet di Puncak, Ini Jawaban Kemenhub

Azfar Muhamamd, MNC Portal · Jum'at 04 Maret 2022 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 470 2556075 sandiaga-uno-usul-bangun-kereta-gantung-atasi-macet-di-puncak-ini-jawaban-kemenhub-AnjenFGXSo.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA -Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengkaji wacana atas pembangunan cable car atau kereta gantung gondola menuju kawasan Ciawi dan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Seperti diketahui, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengusulkan untuk membangun kereta gantung atau gondola guna menjadi solusi mengatasi kemacetan di kawasan Puncak.

“Sebenarnya dulu ada yang pernah usul, tapi tidak terlalu difokuskan. Mungkin dengan adanya ide yang diusulkan pak Sandi (Menparekraf) akan kita coba lihat akan kita kaji terlebih dahulu dan harus kami rapatkan dengan berbagai stakeholders,” kata dia saat dihubungi MNC Portal, Jumat (4/3/2022).

Pihaknya akan mencoba membicarakan apa yang telah diusulkan Sandiaga untuk dijadikan evaluasi bersama Pemerintah Daerah Bogor hingga Kementerian PUPR.

“Kebetulan nanti akan kami coba rapat, dan nanti kami akan coba saya sampaikan peluang itu, dengan segala keterbatasan jalan yang ada memang sudah saat nya ada dua hal yang perlu dilakukan,” ujarnya.

Pertama lanjut dia, dalam jangka pendek optimalisasi fungsi dan manfaat dari jalan yang telah ada dan digunakan. Misalnya dengan revitalisasi, penambahan kapasitas lebar, perbaikan dan penertiban jika ada penyempitan hingga rekayasa lalu lintas.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

“Jadi jangka pendek harus kita maksimalkan, jangka panjang ya memang mencari opsi yang memang bisa long life dan penanganannya butuh satu kebijakan yang kuat,” urainya.

“Mungkin itu yang disampaikan pak Sandiaga Uno itu menarik untuk gunakan gondola seperti di beberapa negara, kita akan coba lihat dulu kemungkinannya dan pembangunannya butuh waktu komperhensif,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini