Share

Tak Ingin Langka, Ini Cara RI Siapkan Stok Bawang Merah Jelang Ramadhan

Antara, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 320 2557701 tak-ingin-langka-ini-cara-ri-siapkan-stok-bawang-merah-jelang-ramadhan-nPi3Z8hXEj.jpg Kemendag antisipasi kenaikan harag bawang merah (Foto: Antara)

JAKARTA – Kementerian Pertanian mempersiapkan ketersediaan bawang merah agar tidak mengalami masalah ketika Lebaran. Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan harga yang kerap terjadi saat bulan Ramadhan dan Lebaran.

"Kami dengan kementerian Pertanian mulai bulan Maret dan April nanti fokus untuk menyiapkan bawang merah mengingat sebentar lagi masuk bulan puasa dan lebaran," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan kepada MNC Portal Indonesia, Senin (7/3/2022).

Dia menjelaskan, antisipasi yang dilakukan ini karena diprediksikan bawang merah akan menghadapi musim paceklik.

"Karena bawang merah kemungkinan akan menghadapi paceklik. Makanya sedang kami amankan. Tapi sudah disiapkan dari sekarang. Sehingga puasa dan lebaran aman," terangnya.

"Tapi yang perlu digarisbawahi, barang-barang pokok saya pastikan stok aman hingga lebaran," tegas Oke melanjutkan.

Sebelumnya, dia memaparkan, harga bawang merah secara nasional rata-rata naik hampir 20% menjadi Rp37.000 per kg. Kendati demikian, kenaikan harga tersebut hanya sementara.

"Kenaikan harga bawang merah saat ini sifatnya sementara karena disebabkan tanaman di sentra produksi banyak yang rusak akibat curah hujan yang tinggi saat panen. Sehingga produktivitasnya turun sekitar 50%, menjadi empat ton per hektare," terang Oke Nurwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini