Share

MotionBanking: Ini 6 Langkah Awal Mudah Bangun Bisnis Pertama Kali

Feby Novalius, Okezone · Sabtu 12 Maret 2022 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 12 455 2560434 motionbanking-ini-6-langkah-awal-mudah-bangun-bisnis-pertama-kali-AsQ4YgBGJR.jpg Tips Bisnis dari MotionBanking. (Foto: Okezone.com/MNC Bank)

JAKARTA - Tidak semua orang bercita-cita untuk membangun bisnis karena dibutuhkan konsistensi dan dedikasi untuk mengelola bisnis agar bisa berkembang dan berjalan dalam kurun waktu yang lama. Selain itu, berkaca pada berbagai bisnis yang terkena dampak pandemi berupa penurunan omzet hingga gulung tikar, menjadi salah satu faktor masyarakat semakin ragu berbisnis.

Padahal, bisnis bisa menjadi sumber pendapatan sebagai pekerjaan sampingan jika belum siap untuk menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Untuk mempersiapkan diri dalam berbisnis pertama kalinya, simak berbagai tipsnya dalam artikel ini.

Kiat Membangun Bisnis untuk Pertama Kali

Bukan rahasia lagi jika banyak pelaku bisnis mengalami kegagalan di tahun pertamanya, terlebih saat merintis bisnis pertama kali. Untuk mengurangi risiko kegagalan dalam berbisnis, berikut ini adalah berbagai tips yang bisa Anda lakukan.

1. Mematangkan rencana membangun bisnis

Sebagai calon pelaku bisnis, Anda sudah harus mematangkan rencana sebelum memulainya. Selain mengerti produk atau jasa yang akan ditawarkan, Anda juga harus membuat rencana capaian baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca Juga: 

Misal, buat berbagai daftar pencapaian selama 3 bulan pertama dalam menjalankan bisnis. Sertakan juga berbagai strategi termasuk budget yang akan dikeluarkan untuk mencapainya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk fokus menjalankan bisnis agar senantiasa bertumbuh.

2. Buat rancangan model bisnis

Ada banyak model bisnis yang bisa dipilih untuk menjalankan bisnis, baik sebagai sumber penghasilan utama maupun sampingan. Umumnya ada berbagai model bisnis yang populer dijalankan di Indonesia, seperti franchise (waralaba), manufaktur, retail, affiliate marketing, dan lain-lain.

Dengan memilih rancangan model bisnis, Anda bisa mempertimbangkan jumlah karyawan yang harus direkrut pada awal berjalannya bisnis yang dibangun. Dengan begitu, Anda juga bisa membuat rencana bisnis yang lebih matang.

3. Fokus pada 1 bisnis dahulu

Seringkali, pelaku bisnis pemula fokus untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan menjalankan lebih dari 1 bisnis. Memang, tidak ada salahnya untuk mengelola lebih dari 1 bisnis di waktu yang bersamaan.

Baca Juga: 6 Tips Tingkatkan Kecerdasan Ala MotionBanking, Bikin Penghasilan Bertambah!

Namun, jika Anda membangun bisnis untuk pertama kalinya, disarankan untuk fokus ke satu bisnis terlebih dahulu. Tujuannya, agar Anda bisa mengelola waktu dengan baik dan memberikan kontribusi secara optimal.

4. Bersedia untuk terus belajar

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, terlebih jika berkomitmen untuk membangun bisnis yang berkelanjutan. Sebagai pelaku bisnis, akan ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, terlepas dari pengalaman pekerjaan yang dimiliki.

Baca Juga: Pakai MotionBanking untuk Bayar Semua Jenis Tagihan, Nikmati Cashback hingga Rp200.000

Mungkin saja, Anda yang selama ini bekerja di bidang pemasaran, harus bergelut dengan neraca keuangan karena menjalankan bisnis. Meskipun belum memiliki pengalaman di bidang keuangan, Anda bisa belajar dari berbagai sumber, baik literatur, maupun dari kawan-kawan yang lebih berpengalaman.

Memang, bisa saja Anda merekrut karyawan lain untuk mengerjakan berbagai hal yang bukan menjadi bidang Anda. Namun, ingat bahwa Anda memulai bisnis sebagai pemula, sehingga sebelum merekrut orang lain, pastikan Anda memahami alur bisnis yang ada.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

5. Mempersiapkan modal

Dalam membangun bisnis, tentunya Anda akan membutuhkan sejumlah modal. Modal di sini bukan hanya tentang keuangan, namun juga pengetahuan dalam berbisnis dan berbagai barang pribadi yang bisa menjadi aset di awal berjalannya bisnis.

Berbicara tentang modal dana, Anda bisa juga mendapatkannya melalui pinjaman. Carilah berbagai penyedia pinjaman yang limitnya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan juga, bahwa pinjaman yang dipilih sudah aman dengan tanda terdaftar dan diawasi OJK.

6. Memahami pasar

Dalam membangun bisnis, Anda harus menyadari bahwa bisnis yang dijalankan bukanlah satu-satunya yang hadir di masyarakat. Artinya, dalam persaingan bisnis yang sehat, Anda akan menemukan kompetitor bisnis di sekitar Anda.

Jika Anda tidak bisa memahami pasar atau target konsumen dengan baik, sudah pasti akan mengalami kekalahan persaingan. Kabar baiknya, Anda bisa memenangkan persaingan bisnis jika bisa memahami pasar dengan baik.

Kenapa Harus Membangun Bisnis?

Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi pelaku bisnis, masih banyak masyarakat yang ingin mencoba membangun bisnis dari nol. Jika masih ragu, Anda perlu memahami alasan orang-orang menjalankan bisnis, berikut ini:

1. Meningkatkan pendapatan

Tentu saja, dengan membangun bisnis Anda punya peluang besar meningkatkan pendapatan karena Anda adalah pengelola dan pemiliknya. Namun, perlu diingat bahwa bisnis yang baru saja dijalankan bisa langsung menghasilkan pendapatan karena umumnya akan ada kerugian yang harus ditanggung akibat rencana yang meleset.

Meskipun begitu, dengan menjalankan tips membangun bisnis dalam paragraf sebelumnya, niscaya Anda bisa meminimalisir risiko kerugian.

2. Menjalankan kebebasan sebagai pemilik dan pengelola bisnis

Dibandingkan dengan bekerja sebagai seorang karyawan, Anda meraih lebih banyak kebebasan dengan menjadi pemilik maupun pengelola bisnis. Kebebasan yang bisa dirasakan salah satunya adalah waktu bekerja.

Mungkin, Anda bisa memilih waktu kerja yang lebih singkat dalam menjalankan bisnis. Tetapi, pastikan Anda tetap menjalankannya dengan bertanggung jawab agar rencana bisnis yang disusun bisa berjalan dengan baik.

Itulah berbagai hal yang harus dilakukan sebelum membangun bisnis agar bisa meminimalisir kerugian. Memang, berbisnis bukan untuk semua orang. Tetapi, jika Anda berminat mencobanya, kenapa tidak?

Jika membutuhkan modal untuk membangun usaha, Anda bisa menggunakan fasilitas pinjaman dari Kredit Pintar melalui tautan berikut https://bit.ly/installKPxMB dan mencairkannya melalui MotionBanking untuk mendapatkan cashback sebesar Rp75.000. Info lebih lanjut kunjungi https://bit.ly/KreditPintarMB.

Bagi Anda yang ingin menjadi nasabah MotionBanking, caranya pun mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google Play Store dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly/downloadMotionBanking kemudian isi data diri lalu selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini