Share

Smelter Freeport Disetrum Listrik PLN, Kapan Beroperasinya?

Athika Rahma, MNC Portal · Selasa 15 Maret 2022 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 320 2561685 smelter-freeport-disetrum-listrik-pln-kapan-beroperasinya-YhHE36uiJE.jpg PLN Listriki Smelter Freeport di KEK Gresik. (Foto: Okezone.com/Reuters)

GRESIK- PT PLN (Persero) memasok listrik ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur. Hal ini meningkatkan nilai tambah bagi produk tambang dalam negeri lewat hilirisasi mineral.

Listrik yang disalurkan sebesar 170 MVA ke fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) milik PT Freeport Indonesia.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, harga listrik yang kompetitif menjadi faktor penting khususnya bagi industri hilir.

Baca Juga: Banyak Proyek Infrastruktur, Siap-Siap Harga Rumah Merangkak Naik

"Kami mendorong semua industri di Indonesia bisa memanfaatkan listrik dari PLN," ujar Rida, dalam keterangannya, Selasa (15/3/2022).

Sementara itu, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, penyediaan tenaga listrik oleh PLN kepada PT Freeport Indonesia melalui PT BKMS dilakukan dalam empat tahap, tahap pertama sebesar 30 MVA pada September 2023, tahap dua sebesar 60 MVA pada 26 Desember 2023, tahap tiga sebesar 110 MVA pada Maret 2024 dan tahap empat sebesar 170 MVA pada Juni 2024.

“Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) PB 170 MVA dengan BKMS 100% untuk menyuplai smelter PT Freeport Indonesia yang ada di kawasan KEK Gresik,” paparnya.

Baca Juga: Bos Freeport Buka-bukaan soal Proyek Smelter di Gresik

Penyediaan ketenagalistrikan untuk smelter PT Freeport Indonesia dipasok melalui dua subsistem 150 kV yaitu subsistem Krian 3,4 dan subsistem Ngimbang masing-masing 2 sirkuit.

Dalam PJBTL ini smelter PT Freeport Indonesia menjadi pelanggan listrik premium platinum.

"Dengan fokus PLN memberikan listrik yang andal tanpa henti, maka pelanggan juga dapat fokus pada bisnis yang lebih produktif mendukung kemajuan industri smelter di Indonesia," terang dia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dalam mendukung penyediaan pasokan listrik dari energi hijau, PLN memiliki produk terbaru yaitu Renewable Energy Certificate (REC). Di mana 1 unit REC merepresentasikan 1 MWh energi baru terbarukan pada suatu pembangkit dalam waktu tertentu. Program ini bisa dimanfaatkan para pelaku industri yang berkontribusi dalam penggunaan listrik ramah lingkungan.

"Biaya layanan REC sebesar Rp 35.000 per MWh yang dapat dibeli oleh pelanggan PLN maupun non-pelanggan PLN," ujarnya.

Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas menjelaskan akhirnya Freeport memakai listrik PLN karena harga listriknya yang mampu bersaing sehingga bisa mengefisienkan operasional pabrik ke depan.

"Ternyata memakai listrik PLN gak terlalu mahal juga kok. Ini juga sebagai langkah kami untuk memanfaatkan kelebihan kapasitas listrik di Jawa Timur," ujar Tony.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini