Share

Kacau! Ombudsman Sebut Minyak Goreng Langka dan Masih Mahal, Kok Beda dengan Mendag?

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Selasa 15 Maret 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 320 2561933 kacau-ombudsman-sebut-minyak-goreng-langka-dan-masih-mahal-kok-beda-dengan-mendag-1p7DAOQu4W.jpg Minyak goreng langka dan mahal (Foto: Antara)

JAKARTA - Ombudsman menilai isu minyak goreng saat ini sudah bergeser. Bukan lagi soal kemahalan harga saja, minyak goreng kini menjadi barang langka.

"Jadi kalau kita lihat per hari ini, isu minyak goreng ini sudah berubah dari yang tadinya mahal menjadi langka dan masih mahal," kata Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/3/2022).

Dia mengatakan, sebelum pemerintah memgeluarkan berbagai kebijakan yang tertuang di dalam Permendag No.1 hingga 6 Tahun 2022 di mana aturan tersebut dirilis pada bulan Januari dan Februari 2022. Sebelum bulan tersebut minyak goreng banyak ditemukan di pasaran namun dengan harga yang masih mahal.

Namun, sejak kebijakan digelontorkan, minyak goreng lenyap tak terlihat padahal harga barang sudah dimurahkan oleh pemerintah.

"Jika kita melihat sebelum adanya keluar kebijakan Permendag No. 1 Tahun 2022, Permendag No. 3 Tahun 2022, hingga Permendag No.6 Tahun 2022 yang dirilis bulan Januari dan Februari. Maka bulan sebelumnya minyak goreng itu tersedia tetapi harganya mahal," ujar Yeka.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Di pasar mana pun ada, tidak terjadi kelangkaan, akan tetapi mahal," sambungnya.

Yeka menambahkan, selama kurun waktu Februari hingga Maret 2022, Ombudsman RI telah melakukan pemantauan harga minyak goreng di seluruh wilayah Indonesia.

Menurutnya, dari 274 pasar yang didatangi, di mana meliputi pasar modern, ritel modern, dan ritel tradisional, seiring berjalannya waktu, para pedagang semakin patuh terhadap ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) meskipun lambat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini