Share

Kemendag Ungkap Daftar Aset Kripto Legal, Ada Punya Anang Hermansyah?

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2022 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 17 320 2563342 kemendag-ungkap-daftar-aset-kripto-legal-ada-punya-anang-hermansyah-dan-wirda-mansur-J1QMhWcoXo.jpg Daftar Kripto Legal (Foto: MPI)

JAKARTA - Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan Dharmayugo Hermansyah mengungkapkan aset kripto kini sudah aman sebagai alat investasi. Di mana sebelumnya aset ini masih ilegal atau tidak diakui Bank Indonesia maupun Otoritas Jasa Keuangan.

"Kita sebelumnya menghadapi suatu keadaan di mana kripto tidak bisa dipantau dan tidak bisa dikatakan transaksinya apakah ini terlarang atau money laundry, itu menjadi concern kita untuk membangun ekosistem. Di dalam ekosistem itulah perdagangan kripto sebagai aset di kasih wadah sehingga kita bisa mengawasi dan memberikan perlindungan kepada konsumen yang menggunakan investasi kripto sebagai alat investasinya. Jadi aset kripto itu aman," kata Dharmayugo pada acara MNC Group Investor Forum, Kamis (17/3/2022).

Lanjut ia menjelaskan, keunggulan dari aset kripto yang berbasis blockchain ini tidak ada satu pihak pun yang bisa mempengaruhi dan mengatur atau memonopoli daripada kegiatan blockchain itu sendiri.

"Sehingga semua pihak lebih transparan, dan akubtabel serta tidak ada pihak-pihak tertentu yang bisa mempengaruhi," imbuhnya.

Kemudian, dari sisi digital, Dharmayugo bilang, transaksi kripto tidak akan bisa hilang karena masuk dalam jejak digital. Artinya akan tersimpan selamanya sepanjang ID dan Password dimiliki.

Sementara itu, dia juga menyampaikan, saat ini Bappebti menampung calon pedagang fisik aset kripto yang tentunya legal.

Berikut daftarnya:

PT Indodax Nasional Indonesia

PT Crypto Indonesia Berkat

PT Zipmex Exchange Indonesia

PT Indonesia Digital Exchange

PT Pintu Kemana Saja

PT Luno Indonesia

PT Cipta Koin Digital

PT Tiga Inti Utama

PT Upbit Exchange Indonesia

PT Rekeningku Dotcom Indonesia

PT Triniti Investama Berkat

PT Galad Koin Indonesia

PT Kripto Maksima Koin

PT Mitra Kripto Sukses

PT Pantheras Teknologi Internasional

PT Aset Digital Indonesia

PT Pedagang Asef Kripto

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini