Share

Jokowi: Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah RI Diproyeksi Tembus USD1,5 Triliun

Jum'at 25 Maret 2022 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 320 2567758 jokowi-pangsa-pasar-industri-keuangan-syariah-ri-diproyeksi-tembus-usd1-5-triliun-2gFfKndUvl.jpg Presiden Jokowi Ungkap Potensi Industri Keuangan Syariah di Indonesia. (foto: Okezone.com/BPKH)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Indonesia memiliki potensi sangat besar dalam industri keuangan syariah dan indsutri halal. Pangsa pasar industri syariah di tahun 2024 diproyeksikan terus tumbuh hingga mencapai USD3,69 triliun.

"Berdasarkan proyeksi sebelum pandemi pangsa pasarnya diperkirakan tumbuh hingga mencapai USD8,6 triliun. Sedangkan Indonesia diproyeksikan memiliki pangsa pasar USD1,5 triliun," ujar Jokowi dalam acara Global Islamic Investment forum 2022 yang disiarkan YouTube BPKH RI, Jumat (25/3/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Optimistis Ekonomi Syariah Indonesia Nomor Satu Dunia

Jokowi menyebut, potensi Indonesia dalam industri syariah perlu ditingkatkan. Sebab, Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia yang memiliki jutaan jemaah haji terbesar di dunia serta sebagai negara dengan penggerak industri perhajian yang terbesar d dunia.

"Oleh karena itu, Badan Pengelola Keuangan Haji, BPKH memiliki peran kunci sebagai peggerak perubahan untuk mengoptimalkkan kondisi keuangan syariah melalui penempatan di bank-bank syariah dan investasi baik di dalam maupun di luar negeri," ungkapnya.

Baca Juga: Indeks Keuangan Syariah Indonesia Tertinggi Kedua di Dunia

Jokowi berharap BPKH mampu menjadi katalis dan penggerak yang aktif untuk membangun dan menajdikan indonesia sebagai Hub investasi dan industri halal.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Hal tersebut dilakukan dengan menjalin kolaboriasi dengan berbagai entitas di dalam maupun di luar negeri. Dan mengoptimalkan kontribusi umkm dan pesantren dalam pengembangan indsutri halal.

"Potensi kerja sama industri hala dan keuangan syariah harus terus diperluas, dikembangkan dengan berbagai pihak, kerja sama antara layanan perhajian dengan industri keuangan syariah, dan dengan industri halal harus terus ditingkatkan," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini