Share

Barang Impor yang Bikin Jokowi Marah, Simak Daftarnya!

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Jum'at 25 Maret 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 320 2567952 barang-impor-yang-bikin-jokowi-marah-simak-daftarnya-cCgKajqGS3.jpg Presiden Jokowi Jengkel dengan Barang Impor. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widido (Jokowi) meluapkan kekesalannya di hadapan para Menteri, Gubernur, Kepala Daerah dan Kepala Lembaga. Dia kesal karena banuak instansi pemerintah masih mengimpor barang. Padahal produk dalam negeri punya kualitas yang tak kalah bagus.

"Jangan tepuk tangan dulu! Begitu saya cek yang terjadi, sedih saya. Belinya barang-barang impor semua," ujar Jokowi di hadapan Gubernur, Bupati, Menteri dan pemangku kepentingan lainya di acara Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia 2022, Jumat (25/3/2022).

Baca Juga: Tak Lagi Impor, Menko Luhut: APBN Akan Bermanfaat jika Beli Produk Buatan Indonesia

Hal pertama yang membuat dia marah, ketika ia tahu CCTV yang digunakan oleh Kementerian/Lembaga masih impor. Padahal, industri di dalam negeri bisa memproduksi.

"Apa-apaan ini. Dipikir kita bukan negara yang maju? CCTV aja mesti impor," ucapnya marah.

Kemudian, Jokowi menyoroti Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Lantaran, ia menemukan alat kesehatan dibeli dari luar negeri, seperti contohnya kasur rumah sakit. Sementara di Jogja, Bekasi, dan Tanggerang ada yang memproduksi.

"Mau diteruskan? Silakan. Nanti mau saya umumkan. Menteri Kesehatan masih impor, Rumah Sakit ini masih impor, tak baca nanti," tuturnya.

Baca Juga: Tenangkan Presiden yang Marah, Luhut Janji Belanja Produk Lokal Rp500 Triliun

Bukan hanya itu saja, Presiden juga menyoroti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Saat ia mengunjungi Atambua, Nusa Tenggara Timur, dia melihat traktor dan alsintan untuk menanam jagung, dibeli dari luar negeri.

"Alsintan aja impor, jengkel saya", cetusnya.

Jokowi lantas beralih ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dirinya menyebut pensil, kertas, pulpen, bangku, kursi, hingga laptop juga masih impor. Jokowi mengaku heran dengan fenomena itu.

"Tadi pagi saya cek baru Rp 2 triliun. Ini kelihatannya ada yang tidak semangat di dalam kementerian. Urusan beli pensil, kertas, bangku, masak mau impor kita, laptop juga mau impor kita? kita sudah bisa bikin semuanya itu. Sudahlah jangan diterus-teruskan," tegas Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini