Share

Harga Keekonomian Pertamax Rp16.000/Liter, Kapan Naiknya?

Athika Rahma, MNC Portal · Senin 28 Maret 2022 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 320 2568877 harga-keekonomian-pertamax-rp16-000-liter-kapan-naiknya-UgUKK9NdAC.jpg Harga Keekonomian Pertamax Dihitung Rp16.000/Liter. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Harga Pertamax diprediksi akan naik seiring meroketnya harga minyak dunia. Kementerian ESDM memperkirakan, nilai keekonomian BBM RON 92 seperti Pertamax naik dari Rp14.526 per liter menjadi Rp16.000 per liter.

Dengan demikian, harusnya Pertamina menjual BBM RON 92 milik mereka seharga Rp16.000 per liter. Jika tidak, APBN yang digelontorkan untuk mengkompensasi selisih harga tersebut makin tertekan.

Baca Juga: Harga Pertamax Naik, Pengamat: Masa Orang Mampu Disubsidi

Pengamat Energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi mengatakan, melihat tren minyak dunia yang semakin mahal, kenaikan Pertamax menjadi keharusan.

"Pada kisaran berapa, kalau kita melihat harga BBM RON 92 di (penyedia) BBM asing seperti Shell itu sudah di atas Rp14.500 per liter, oleh karena itu besarannya ya kira-kira segitu," ujar Fahmy saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (28/3/2022).

Baca Juga: Ahok Yakin Pertamina Masih Untung Rp14,3 Triliun meski Pertamax Tak Naik

Fahmy bilang, menurutnya Pertamina tentu sudah siap jika harus menaikkan harga Pertamax. Namun, perubahan harga BBM membutuhkan persetujuan dari Kementerian ESDM.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dengan perhitungan nilai keekonomian BBM RON 92 yang naik jadi Rp16.000 per liter, menurut Fahmy, Kementerian ESDM seolah memberi sinyal bahwa harga BBM jenis ini akan naik.

"Tapi saya kira Kementerian ESDM belum memutuskan, masih ditimbang-timbang lagi. Memang harus diskusi dulu, dengan Kementerian Keuangan misalnya, tapi memang nggak bisa berlama-lama juga, jadi harus segera putuskan," ujarnya.

Di sisi lain, konsumsi Pertamax di Indonesia hanya 12% dari total konsumsi BBM nasional. Fahmy berujar, jika harga Pertamax naik, dampaknya ke inflasi akan sangat kecil.

"Kontribusinya kecil sekali. Jadi memang, Pertamina harus menaikkan harga Pertamax," ujar Fahmy. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini