Share

Sri Mulyani Sebut Hibah Barang Milik Negara Rp488,5 Triliun dalam 3 Tahun

Azfar Muhamamd, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 320 2569818 sri-mulyani-sebut-hibah-barang-milik-negara-rp488-5-triliun-dalam-3-tahun-Mhk521TanW.jpeg Menteri Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: MPI)

JAKARTAย  - Pemerintah telah menghibahkan barang milik negara (BMN) dari berbagai lembaga dan kementerian mencapai Rp488,5 triliun.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dana anggaran hibah BMN dapat dipakai untuk membangun berbagai fasilitas seperti rusunawa, jembatan, jaringan air, jembatan gantung, irigasi dan jalan jalan raya kemudian sebagian tetap menjadi barang milik negara pusat salah satunya di bawah kementerian seperti PUPR.

โ€œHari ini saya mengikuti kegiatan penyerahan barang milik negara. Ini adalah sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi dari Kemenkeu bekerjasama dengan PUPR dan kami sampaikan untuk total dana anggaran BMN selama 3 tahun sebesar Rp488,5 triliun,โ€ kata Sri Mulyani kepada Wartawan di Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Adapun BMN yang dihibahkan berupa infrastruktur jalan, jembatan, waduk, rumah susun, jaringan irigasi, dan lain sebagainya.

โ€œJadi kalau dikalkulasikan Sepanjang tahun 2019 kita menghibahkan sebanyak Rp57,2 triliun tahun 2020 sebesar Rp102,6 triliun dan tahun 2021 sebesar Rp328,7 triliun,โ€ urainya.

Dia menjelaskan Menteri PUPR telah membangun sejumlah infrastruktur mulai dari BPK, Polri dan Kementerian yang lain.

โ€œTak hanya itu, akan tetapi bisa dilimpahkan kepada pemerintah daerah (Pemda), seperti DKI Jakarta. Misalnya hibah Rp217 triliun untuk jalan nasional dan juga jembatan yang akan dihibahkan atau sudah dihibahkan kepada DKI Jakarta,โ€ tambahnya.

Sementara itu, di berbagai daerah lain mulai dari hibah lain Irigasi dan juga berbagai fasilitas ini juga salah satu fasilitas untuk masyarakat.

โ€œIni penjelasan ke publik bahwa uang negara kita rakyat dipakai. Dan kembali lagi kepada masyarakat yang menikmati sendiri adalah masyarakat, seperti jembatan ataupun tadi rumah susun,โ€ pungkas Sri Mulyani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini