Share

Tambah Stok 15%, Pasokan BBM Pertamina Aman Selama Ramadan?

Athika Rahma, Jurnalis · Minggu 03 April 2022 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 03 320 2572310 tambah-stok-15-pasokan-bbm-pertamina-aman-selama-ramadan-E8iEcBzcCn.jpg Pertamina tambah stok BBM. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian ESDM dan Pertamina memastikan ketersediaan BBM selama Ramadan dalam kondisi aman.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, seluruh BBM pasokannya terus dijaga terutama Solar agar cukup untuk 20 hari lebih.

"Pemerintah menjamin tersedianya BBM dan melakukan koordinasi dengan badan usaha dalam hal ini Pertamina. Pertamina telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan dalam rangka terjaminnya ketersediaan BBM serta mengantisipasi peningkatan kebutuhan khususnya di bulan Ramadhan ini," ungkap Agung dalam keterangannya, Minggu (3/4/2022).

 BACA JUGA:Tegas! Dirut Pertamina: Truk Batu Bara Dilarang Isi Solar Subsidi

Pertamina sendiri telah melakukan sejumlah pengecekan langsung di berbagai SPBU serta sarana dan fasilitas terminal BBM yang tersebar di Indonesia, antara lain di wilayah Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Lampung dan Bengkulu, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati turun langsung untuk menyidak SPBU di Jambi.

Nicke berharap BBM subsidi yang tersedia dapat tepat sasaran.

"Maka dari itu bersama dengan semua stakeholder kita bersama-sama memantau pendistribusian BBM agar bisa sampai dan terealisasikan dengan baik," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan PT Pertamina Emma Sri Martini mengatakan, Pertamina Patra Niaga telah melakukan penambahan pasokan BBM dan LPG ke Lembaga Penyalur jelang Ramadan.

Di mana, pihaknya menyiapkan build up stok sebesar 15 persen untuk BBM dan 10 persen untuk LPG serta penambahan layanan tambahan jelang Idul Fitri dengan membentuk tim Satgas khusus sejak Maret 2022.

Selain itu, untuk memastikan ketersediaan bahan bakar Solar JBT (Jenis Bahan Bakar Tertentu) atau Subsidi, Emma mengatakan Pertamina Patra Niaga telah melakukan tambahan pasokan di seluruh wilayah secara bertahap.

 BACA JUGA:Pertamax Naik Jadi Rp12.500/Liter, Harga Lebih Murah dari Shell tapi Pertamina Masih Rugi

“Sejak 2 minggu terakhir sebetulnya kondisi pemulihan, Di beberapa daerah sudah mulai berkurang antrean Solar terutama di Makassar sebagai Hub Sulawesi sudah tidak ada,” ungkapnya.

Pertamina juga telah membentuk satgas RAFi (Ramadan & Idul Fitri) dan menyiapkan berbagai layanan tambahan berupa SPBU Siaga, mobil tangki siaga, motorist, SPBU Kantong dan rest area yang dilengkapi fasilitas kesehatan bagi para pemudik di beberapa titik jalur mudik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini