Share

Calon Bos OJK Darwin Cyril Soroti Aset Perbankan Indonesia yang Rendah

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 06 April 2022 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 06 320 2574207 calon-bos-ojk-darwin-cyril-soroti-aset-perbankan-indonesia-yang-rendah-rHks2BDRS1.png Darwin Cyril Noerhadi jalani fit and proper test DK OJK (Foto: Hermina)

JAKARTA - Darwin Cyril Noerhadi menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di hadapan Komisi XI DPR RI. Calon Ketua DK OJK ini mengungkapkan bahwa tema yang dia angkat adalah terkait regulasi efektif, masyarakat terlindungi, dan pertumbuhan sehat dan berkesinambungan.

"Menyoroti perbankan, aset perbankan dalam negeri kita terhadap PDB masih terhitung rendah, hanya 35%, sementara jika dibandingkan, Singapura 273%. Kita butuh menaikkan aset lebih cepat supaya aset perbankan bisa lebih tinggi," ungkap Darwin, Rabu (6/4/2022).

Dia menyebutkan bahwasanya tak hanya perbankan, namun industri keuangan non bank (IKNB) dan pasar modal juga butuh peningkatan. Selain itu, pengawasan pun perlu ditingkatkan karena kepercayaan publik memegang peran penting terhadap jasa keuangan di Indonesia.

Darwin mengkritisi bahwa OJK perlu membangun dengan pendekatan pasar, juga harus responsif dan bertanggung jawab.

"Selain itu, visi yang dipaparkan sudah ada di OJK, di mana terdapat pengawasan industri, melindungi, berdaya saing, teratur, adil, transparan, akuntabel, stabil, sustained, dan melindungi konsumen dan masyarakat," ungkap Darwin.

Dia pun menekankan bahwa perlindungan konsumen dan masyarakat juga harus menjadi fokus yang perlu diperhatikan. Demi menjaga stabilitas sistem keuangan, pihaknya juga akan berkoordinasi dan bersinergi dengan pemangku kepentingan yang lain.

"Seperti koordinasi OJK dengan lembaga lainnya, seperti Bank Indonesia, Kementerian Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan, juga koordinasi antar lembaga pemerintah pun akan diperkuat, misalnya dengan Bappebti, Polri, Kejaksaan, dan PPATK," pungkas Darwin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini