Share

BEI: Gojek Tokopedia (GOTO) Jadi Decacorn Pertama Listing di Bursa Asia

Anggie Ariesta, Jurnalis · Senin 11 April 2022 10:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 278 2576739 bei-gojek-tokopedia-goto-jadi-decacorn-pertama-listing-di-bursa-asia-w0ugfwILjf.jfif GoTo Gojek Tokopedia IPO hari ini. (Foto: GoTo)

JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi melantai di bursa melalui penawaran umum perdana saham (initial public offering atau IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin (11/04/2022).

Dengan pencatatan ini, GoTo menjadi decacorn pertama yang melantai di bursa Asia.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, GOTO juga menjadi perusahaan ke-15 yang tercatat di BEI pada tahun ini, dan ke-781 di bursa pada saat ini. Adapun IPO GOTO menjadi perusahaan yang dinantikan para investor.

"Pencatatan saham GoTo sangat dinantikan di pasar saham Indonesia, menjadi milestone penting, baik bagi perusahaan, baik perjalanan industri pasar modal. Melalui proses go public, GoTo menjadi perusahaan karya anak bangsa dengan ekosistem digital terbesar di Indonesia dan mampu menghimpun proceed Rp 13,7 triliun dan market capitalization Rp 400 triliun," kata Nyoman dalam Opening Perdagangan Saham GOTO di BEI, Senin (9/4/2022).

 BACA JUGA:Dapat Dana IPO Rp15,8 Triliun, Ini yang Akan Dilakukan GOTO

Nyoman menegaskan bahwa hal tersebut menjadikan GOTO adalah perusahaan teknologi dengan tingkat valuasi decacorn dan merupakan decacorn pertama yang berhasil tercatat di bursa Asia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Di dalam negeri, GOTO juga menjadi perusahaan rintisan digital pertama yang tercatat di papan utama BEI. Dengan dukungan OJK dan pemerintah, GoTo juga menjadi perusahaan rintisan pertama yang menerapkan struktur permodalan dengan hak suara multiple voting share sehingga kebijakan strategis perusahaan diharapkan bisa sesuai dengan visi dan misi dengan para pendirinya.

 BACA JUGA:GoTo Resmi IPO, Begini Reaksi Haru Driver Pertama Gojek: Luar Biasa! Kami Diberi Saham

Untuk itu, BEI berharap manajemen GoTo bisa segera merealisasikan dana yang dihimpun dari IPO sambil menjaga transparansi dan akuntabilitas setelah menjadi perusahaan publik.

"Bursa berharap GoTo segera merealisasikan strategi, senantiasa berinovasi dan menjaga transparansi dan akuntabilitas kepada publik," katanya.

Lebih lanjut, tak lupa Nyoman berharap pencatatan saham GoTo juga nantinya bisa diikuti oleh perusahaan rintisan lainnya untuk IPO di BEI supaya bisa menggairahkan pasar modal Indonesia dan mendukung perekonomian nasional.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini