Share

Benarkah Harga BBM Indonesia Paling Murah? Nih Datanya

Tika Vidya Utami, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 320 2578546 benarkah-harga-bbm-indonesia-paling-murah-nih-datanya-M392ZgmQMh.jpg Perbandingan Harga BBM di Asean. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Lonjakan harga minyak dunia membuat harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) di seluruh dunia turut terkena imbasnya. Tak terkecuali di kawasan Asia Tenggara.

Tak hanya Indonesia, harga BBM di sejumlah negara di Asia Tenggara juga mengalami kenaikan. Lonjakan harga yang cukup tinggi ini diduga dipicu akibat perang Rusia-Ukraina yang telah terjadi sejak 24 Februari 2022.

Namun ada juga negara di Asia Tenggara, yaitu Malaysia, yang masih bertahan untuk tidak menaikkan harga jual BBM-nya.

Berikut ini perbandingan harga BBM di negara-negara Kawasan Asia Tenggara.

Indonesia

Per 1 April 2022, pemerintah Indonesia resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax menjadi Rp12.500 per liter. Meskipun mengalami kenaikan, harga Pertamax yang dibanderol saat ini dinilai masih jauh di bawah nilai keekonomian.

Baca Juga:Ā Industri Ngeyel Masih Pakai BBM Subsidi, Menperin: Ada Sanksi Tegas!

Untuk April 2022, Kementerian ESDM memproyeksi harga keekonomian BBM RON 92 (termasuk Pertamax) berada di angka Rp16.000 per liter. Hal ini berarti PT Pertamina (Persero) masih jual rugi Pertamax Rp3.500 per liternya.

Menurut Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Irto Ginting, harga baru Pertamax ini sebenarnya masih terjangkau untuk masyarakat, khususnya mereka yang mampu.

Baca Juga:Ā Kenaikan Harga BBM di Era Presiden Jokowi Paling Rendah, Setuju?

Singapura

Harga BBM (Bahan Bakar Minyak) di SPBU Singapura telah melewati angka 3 dolar Singapura untuk kedua kalinya pada bulan Maret 2022 ini. Harga minyak yang tinggi ini terjadi di tengah kekhawatiran kekurangan pasokan global akibat konflik Rusia-Ukraina. Selain itu, hal ini juga disebabkan oleh kontrak Brent yang naik 1 persen menjadi 116,48 dolar Singapura per barel, pada Rabu (23/3/2022).

Caltex adalah yang pertama menaikkan harga. Caltex menjual RON 92 dengan harga 3,01 dolar Singapura, sementara RON 95 dijual dengan harga 3,05 dolar Singapura. Selain itu, Esso juga menaikkan harga BBM, untuk RON 92 dijual dengan harga 3,01 dolar Singapura, sedangkan untuk RON 95 harganya mencapai 3,05 dolar Singapura.Kamboja

Para ekonom serta pelaku manufaktur khawatir tentang kenaikan harga bahan bakar Kamboja yang tak henti-hentinya. Penyebab kenaikan harga bahan bakar minyak ini menimbulkan kekhawatiran pada banyak orang. Selain itu, kenaikan ini dipengaruhi oleh serangan militer yang dilakukan Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari 2022.

Pada 1-15 Maret 2022, harga jual eceran bahan bakar minyak di Kamboja ditetapkan pada 4.800 riel atau 1,18 dolar Amerika per liter untuk RON 92.

Sedangkan untuk solar, harganya 4.500 riel atau 1,11 dolar Amerika per liter. Hong Vanak, Direktur Ekonomi Internasional di Royal Academy of Cambodia menegaskan kenaikan harga bahan bakar adalah fenomena global. Hal ini terlihat sejak pertengahan 2021 setelah pandemi Covid-19 melonggarkan cengkeramannya di dunia. Namun, serangan Rusia ke Ukraina membuat harga minyak internasional lebih tinggi, sebuah tren yang kemungkinan besar akan berlanjut.

Thailand

Thailand akan membekukan harga solar eceran dan mensubsidi harga gas untuk kelompok berpenghasilan rendah. Hal ini merupakan bagian dari serangkaian program yang diluncurkan untuk memberikan bantuan kepada konsumen yang terpukul keras oleh melonjaknya harga.

Harga solar eceran akan dibatasi pada 30 baht atau 0,9 dolar Amerika per liter hingga akhir April.

Perdana Menteri Prayuth Chan-Ocha mengatakan, subsidi akan diberikan hingga April. Setelah bulan April, maka pemerintah Thailand hanya akan mensubsidi 50% dari setiap kenaikan harga karena negara Gajah Putih ini menghadapi beban fiskal yang tinggi.

Thailand sebagai importir minyak bersih sedang meningkatkan upaya untuk melindungi kelompok berpenghasilan rendah akibat dampak inflasi tertinggi dalam 13 tahun karena perang Rusia-Ukraina. Menurut Prayuth, pemerintah Thailand saat ini berurusan dengan masalah kesehatan dan perang. Hal tersebut merupakan pukulan ganda bagi Thailand.

Malaysia

Harga BBM di Malaysia mengikuti peraturan resmi dari Kementerian Keuangan Malaysia. Di Malaysia, harga BBM dibedakan berdasar nilai oktan atau RON (Research Octane Number). Semakin tinggi nilai RON, semakin baik kualitas yang didapatkan dalam proses pembakaran.

Selain itu, harga BBM juga diumumkan oleh Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna (KPDNHEP). Harga tersebut juga berlaku di SPBU Malaysia, Petronas.

Harga BBM di Malaysia untuk periode 31 Maret-6 April 2022, untuk RON 95 sebesar 2,05 ringgit Malaysia atau Rp6.936 per liter.

RON 97 sebesar 3,91 ringgit Malaysia atau Rp13.361 per liter. Sedangkan diesel, harganya 2,15 ringgit Malaysia atau Rp7.274 per liter.

Diketahui, pemerintah Malaysia hanya memberikan subsidi untuk bensin RON 95. Sedangkan untuk RON 97 tidak disubsidi karena mengikuti harga pasar. Meskipun harga minyak di dunia sedang mengalami kenaikan, negeri jiran ini tidak mengalami kenaikan harga BBM.

Menurut Menteri Keuangan Malaysia Tengku Dato Sri Zafrul Aziz , pemerintah Malaysia menanggung hampir 45% dari harga per liter BBM subsidi yang dibeli.

Baca pembahasan mengenai Kelangkaan BBM selengkapnya diĀ IDXChannel.comĀ 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini