Share

Mendag Pastikan Harga Pangan Stabil, dari Gula hingga Daging Sapi

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Selasa 19 April 2022 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 320 2581595 mendag-pastikan-harga-pangan-stabil-dari-gula-hingga-daging-sapi-XJAhJdQVvC.jpg Mendag Muhammad Lutfi (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan selama Ramadhan dan jelang Idulfitri harga barang pokok stabil serta pasokan tercukupi. Dengan demikian, masyarakat bisa merayakan hari raya dengan khusyuk dan nyaman.

"Per tanggal 18 April 2022, harga rata-rata nasional seluruh bahan pokok stabil dan stoknya tersedia dengan aman," ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi secara virtual, Selasa (19/4/2022).

Sebut saja gula. di Bulan Ramadhan, gula menjadi barang pokok yang tak bisa dilepaskan oleh masyarakat. Pasalnya, komoditas ini sebagai bahan baku minuman manis atau makanan yang kerap disebut takjil.

Mendag melaporkan, harga gula pasir kini memang mengalami kenaikan, namun yang perlu dicermati, kenaikannya tidak tinggi yakni sebesar 2,8% dari bulan lalu. Sehingga harga gula dibanderol Rp 14.700/kg. Untuk stok, para bunda tak perlu was-was, karena Kemendag pastikan stoknya cukup hingga 2 bulan ke depan.

Berikutnya, daging sapi. Ramadhan dan Idulfitri identik dengan masakan olahan daging sapi. Mendag menyampaikan, per tanggal 18 April harga rata-rata nasionalnya dibanderol Rp 133.100/kg, naik tipis 0,6% dari minggu lalu.

"Akan tetapi secara keseluruhan masih lebih rendah 0,82% dari harga saat bulan Ramadhan tahun lalu," imbuh Mendag Lutfi.

Tak terkecuali daging ayam. Para bunda pasti memerlukan daging ayam untuk masak opor ataupun jenis masakan lainnya. Bunda tak perlu khawatir, sebab Mendag Lutfi bilang, harga daging ayam sudah turun 1,07% dari minggu lalu. Adapun harganya kini Rp 37.100/kg. Sementara harga telur stabil di harga Rp 26.100/kg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini