Share

MNC Digital Entertainment Luncurkan TREBEL Music pada Grand Final X Factor Indonesia

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Rabu 20 April 2022 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 20 278 2581918 mnc-digital-entertainment-luncurkan-trebel-music-pada-grand-final-x-factor-indonesia-LdpsYT4TNk.jpg MNC Digital Entertainment luncurkan TREBEL Music (Foto: MNC Media)

JAKARTA - PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) telah meluncurkan TREBEL Music di Indonesia dalam acara X Factor Indonesia Final Countdown & Result Show pada tanggal 18 April 2022. X Factor Indonesia pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 dan mendapatkan penghargaan 'Talent Search dan Reality Show Terbaik' pada tahun 2014 oleh Panasonic Gobel Awards.

Direktur Utama MSIN dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menilai peluncuran TREBEL Music di Indonesia saat ini, menandai langkah signifikan bagi MNC Group karena kami akan mereplikasi dominasi kami di industri video ke dalam industri musik. Layanan Video OTT, cepat atau lambat akan memiliki limitasi karena penonton biasanya memiliki waktu terbatas setiap harinya untuk waktu yang digunakan untuk mengkonsumsi konten.

“Dengan demikian visi kami untuk menjadikan RCTI+ sebagai superapp media dan hiburan All-in-One, membawa audiens untuk lebih sering terlibat dengan aplikasi ini di seluruh siklus konsumsi harian, mingguan, dan bulanan,” ungkapnya, Rabu (20/4/2022).

Menurutnya, penambahan konten musik sangat penting untuk strategi jangka panjang MSIN. Sebab musik memberikan pengalaman tanpa keterlibatan visual bagi pengguna selama aktivitasnya sehari-hari seperti dalam perjalanan, aktivitas olah raga, relaksasi, dan bahkan selama bekerja.

“Kemitraan kami dengan TREBEL dan Top Music Chart yang akan datang juga menawarkan platform bagi talent lokal kami untuk menunjukkan musikalitas mereka dan mengembangkan industri secara keseluruhan, secara regional dan pada waktunya, secara global” ungkapnya.

Seperti yang diumumkan sebelumnya pada Januari 2022, MSIN melakukan investasi strategis ke TREBEL Music sebagai bagian dari upaya berkelanjutannya untuk menawarkan solusi hiburan lengkap dengan menambahkan kategori konten musik baru yang dapat diunduh sebagai bagian dari superapp AVOD terbesar di Indonesia, RCTI+. TREBEL Music, dapat dibandingkan dengan platform streaming terkenal di dunia seperti Spotify (yang berbasis langganan), TREBEL adalah layanan musik digital dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Latin dan layanan musik berlisensi pertama yang menghadirkan pemutaran lagu secara on demand dan offline tanpa biaya kepada pengguna.

Melalui pemutaran lagu secara offline yang didukung oleh iklan dan dipatenkan, TREBEL memberikan pengalaman bagaimana musik dapat menjangkau pasar global dengan mengubah cara penggunanya untuk mengakses musik digital tanpa biaya, tanpa memerlukan akses internet berkelanjutan, paket data seluler yang mahal, atau berlangganan. Aplikasi TREBEL Music saat ini tersedia di Amerika Serikat dan Meksiko, dengan rencana untuk memperluas ke negara-negara baru di Asia dan negaranegara Amerika Latin lainnya dalam beberapa bulan mendatang.

TREBEL Music akan diintegrasikan ke dalam RCTI+, sebagai bagian dari kategori konten utama ke-5. Setelah integrasi, aplikasi AVOD superapp ini akan dilengkapi dengan lima pilar konten dari Video, Berita, Audio, UGC/pencarian bakat, dan terakhir, kemampuan untuk mengunduh dan menikmati musik offline melalui TREBEL. Fitur musik yang baru ditambahkan di RCTI+ diperkirakan akan mencapai 15 juta pengguna aktif bulanan pada akhir tahun 2022.

Tersedia di iOS dan Android, TREBEL memungkinkan pendengarnya untuk memilih dari pustaka yang berisi jutaan lagu terbaik untuk didengarkan secara offline, menawarkan lagu internasional dan lokal dan juga memiliki fitur identifikasi lagu. Selain itu, TREBEL akan sangat terlibat dalam pengakuisisian label lokal di Indonesia dan promosi TREBEL Music akan didukung oleh jangkauan dan keahlian pemasaran dari MNC Media.

Perseroan dan TREBEL juga berencana untuk membuat Top Music Chart secara berkala, dengan memberikan daftar lagu-lagu terbaik kepada audiens musik nasional yang akan digunakan sebagai referensi untuk pencarian dan konsumsi musik bagi pendengarnya, yang pada akhirnya akan bertindak sebagai katalis untuk lebih lanjut mempromosikan dan menguntungkan penyanyi dan talenta musik lokal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini