Share

Ada Gasblock, Wapres Ma'ruf Amin Sebut Balkondes Karangrejo Bisa Dongkrak Perekonomian Desa

Antara, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 06:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 320 2583228 ada-gasblock-wapres-ma-ruf-amin-sebut-balkondes-karangrejo-bisa-dongkrak-perekonomian-desa-KGbFRVNfJL.jpg Wapres soal Balkondes Karangrejo (Foto: Dokumen PGN)

JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) PGN Karangrejo, di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada Kamis. Kunjungan ini guna meninjau sinergi badan usaha dengan masyarakat dalam mengembangkan destinasi wisata berbasis energi ramah lingkungan.

Sesuai arahan Presiden, Wapres menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya mengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, salah satunya di Kawasan Borobudur.

"Dengan layanan kelas internasional dan menggunakan energi gas bumi yang ramah lingkungan, Gasblock di Balkondes PGN Karangrejo diharapkan mampu mendukung program tersebut," ujar Wapres dalam peninjauan di Magelang dilansir Antara, Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga: RI Punya Desa Energi, seperti Apa?

Terlebih, kata Wapres, Balkondes Karangrejo melibatkan masyarakat sekitar, sehingga juga bisa mendongkrak perekonomian desa.

Balkondes merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, dimana program ini menyasar desa-desa yang memiliki beragam potensi untuk meningkatkan perekonomian desa.

Balkondes PGN Karangrejo baru-baru ini memperkenalkan Gasblock sebagai ikon terbaru dari Balkondes Karangrejo, untuk mewujudkan interaksi dan kolaborasi energi baik gas bumi yang ramah lingkungan, serta Desa Energi PGN yang unik, asri, serta kaya akan budaya Indonesia.

Untuk memoles tampilan Balkondes, dihadirkan ikon baru yang instagramable dalam bentuk monumen yaitu Meter Regulating System (MRS) ukuran G.1600.

Selain itu, Gasblock juga menghadirkan Restoran Truntum dengan layanan berkelas yang dihiasi pemandangan perbukitan Menoreh dan sawah warga.

Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto menyatakan bahwa pihaknya mendukung penuh program pemerintah dalam hal pengembangan ekonomi komunal di daerah wisata sesuai komitmen ESG Pertamina.

PGN berkomitmen mengembangkan desa energi Karangrejo yang bisa menjadi brenchmark desa sekitarnya sebagai desa yang berdaya, mandiri, sustainable dan ramah lingkungan.

“Nuansa alam dan kearifan lokal masyarakat sekitar sangat membantu dalam keberhasilan Balkondes PGN Karangrejo. Alhamdulillah, tahun 2021 Balkondes PGN Karangrejo mampu survive di masa pandemi COVID-19,” ujar Haryo.

Layanan Balkondes PGN Karangrejo disiapkan untuk menopang destinasi prioritas Kawasan Borobudur. Pengelolaan Balkondes PGN Karangrejo tak lepas dari kolaborasi dengan warga sekitar. Saat ini Balkondes tersebut dikelola oleh 20 orang warga asli Karangrejo.

Menurut Kepala Desa Karangrejo, Muhamad Hely Rofikun, kehadiran Balkondes menjadi hal yang sangat penting dalam pengembangan ekonomi warga. Sebelum adanya Balkondes, kunjungan wisatawan hanya tertuju ke Candi Borobudur saja.

"Setelah Balkondes diresmikan pada tahun 2017, Alhamdulillah wisatawan mulai menyebar ke desa- desa di sekitar kawasan candi Borobudur, dan bagi kami Balkondes merupakan tonggak kebangkitan ekonomi desa. Selama tahun 2021 kemarin, keuntungan yang diperoleh mencapai sekitar Rp200 juta," ujar Hely.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini