Share

Waspada Uang Palsu! Jangan Sembarangan Tukar Recehan Selain di Bank

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 25 April 2022 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 320 2584958 waspada-uang-palsu-jangan-sembarangan-tukar-recehan-selain-di-bank-rJ2iFKPCDP.jpeg Waspada uang palsu saat menukar uang receh (Foto: Okezone)

MALANG – Waspada peredaran uang palsu, masyarakat diimbau menukar uang receh di bank resmi. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang mengingatkan masyarakat melakukan penukaran uang pecahan di perbankan umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang telah disiapkan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang Samsun Hadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan uang sebanyak Rp4,6 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2022. Jumlah itu termasuk untuk penukaran uang pecahan dan kebutuhan persediaan di mesin-mesin tarik tunai mandiri atau ATM.

"Kita melayani penukaran di perbankan ada 100 loket bank umum dan 39 BPR di wilayah Malang, Malang raya, Pasuruan, dan Probolinggo. Kalau di sini banyak ke Malang raya, pelayanan tunai Malang raya," ucap Samsun saat ditemui di penukaran uang drive thru, Senin siang (25/4/2022).

Samsun menambahkan, untuk penukaran uang pecahan di masing-masing perbankan dan BPR per orangnya dibatasi hingga jumlah Rp3,7 juta. Hal ini berbeda dengan penukaran uang drive thru di Graha Cakrawala UM yang dibatasi maksimal Rp3,8 juta atau berselisih Rp1 juta.

"Tiap bank 3,7 juta, Rp3,8 juta di sini karena seribuan tambahan, (nominal) seribuan di tempat lain nggak ada tambahan. Jadi Rp3,8 juta di sini, di bank-bank Rp3,7 juta, seribuan nggak dapat, di sini kita siapkan," ungkap dia.

Sejauh ini dari Rp4,6 triliun yang dialokasikan, Samsun menyebut sudah ada setengahnya yang terpakai untuk ditukar uang pecahan lebih kecil. Jumlah itu diprediksinya bakal bertambah di hari-hari puncak arus mudik pada 27 dan 28 April 2022 mendatang.

"Tanggal 25 April ini sudah 50%an, dan ini masih panjang, apalagi nanti H+ sampai libur panjang ini kan mulai 29. (Tanggal) 27, 28 (April) itu akan banyak duit yang beredar dan ditarik, untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan ATM," ucap dia.

Dirinya mengimbau agar masyarakat yang tak kebagian penukaran uang pecahan di Graha Cakrawala selama empat hari ke depan, bisa menukarkan yang pecahan di bank-bank umum dan BPR yang telah disiapkan BI Malang. Dia menjamin penukaran uang pecahan di bank tak dikenakan biaya tambahan dan bisa diproses dengan mudah dan cepat.

"Daripada nukar-nukar di jalan yang jumlahnya tidak jelas mungkin, keasliannya kita nggak tahu, kan riskan, sehingga masyarakat kita layani dengan ini. Kita harap juga masyarakat tidak perlu menukar di jalan, risiko karena potensi uang palsu kita nggak tahu. Disisipi lima lembar dua kan nggak tahu, masyarakat ada yang rawan," paparnya.

Pihaknya sendiri berkomitmen bakal melayani masyarakat yang membutuhkan hingga tanggal 29 April 2022. Nantinya sebelum tanggal 29 April 2022 BI Malang menargetkan telah mendistribusikan uang - uang itu ke masyarakat untuk memenuhi kebutuhan lebaran dan pasca lebaran.

"Tanggal 29 tutup sesuai instruksi pusat operasional tutup, tidak ada kegiatan transaksi keuangan termasuk layanan cas. (Transaksi dan penukaran uang pecahan) yang paling tinggi di titik-titik itu mungkin, di tanggal-tanggal itu sambil kita masih layani setelah lebaran H+ sekian," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini