Share

6 Fakta BLT Minyak Goreng-Sembako Cair Rp500 Ribu, Dikirim Mensos Pakai Pesawat

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 04:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 622 2587671 6-fakta-blt-minyak-goreng-sembako-cair-rp500-ribu-dikirim-mensos-pakai-pesawat-e2ehCnk9hm.JPG Ilustrasi minyak goreng. (Foto: Okezone)

JAKARTA – BLT minyak goreng akan dicairkan bersamaan dengan bansos Program Keluarga Harapan (PKH). Kementerian Sosial mengatakan siap memberikan BLT minyak goreng kepada masyarakat bersamaan dengan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan PKH.

“Sembako pertama di awal April akan segera disalurkan. Yang bulan April dan bulan Mei ditarik ke 21 April, sembako BPNT nanti disatukan dengan BLT minyak goreng termasuk PKH juga. Ritmenya seperti itu,” kata Sekjen Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat, dikutip.

Berikut fakta menarik BLT Minyak Goreng-Sembako cair Rp500 ribu yang dirangkum di Jakarta, Minggu (1/5/2022).

 BACA JUGA:BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Belum Cair, Ini Penjelasan Kemnaker

1. Dicairkan untuk 111.643 KPM

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Pengentasan Kemiskinan Dinsos Bojonegoro, Murtiasih mengatakan, bantuan program sembako (BPS) dan BLT minyak goreng dicairkan untuk 111.643 KPM se-Kabupaten Bojonegoro.

"Rinciannya pada bulan April penerima mendapatkan sembako senilai Rp200.000. Lalu BPS bulan Mei senilai Rp200.000. Sedangkan BLT minyak goreng senilai Rp100.000," kata Murtiasih, melalui keterangan tertulisnya yang diterima MNC Portal Indonesia.

2. Dicairkan Secara Bertahap

Kemudian, BLT ini bakal secara bertahap diturunkan kepada para penerima KPM yang sudah terdata di Data Terpadu Kemiskinan Sosial (DTKS).

“Untuk tahap satu sudah disalurkan, khusus Kecamatan Kedewan dan Kasiman harus mengambil di Kantor Pos Kecamatan. Saat ini penyaluran sudah mencapai 90 persen," jelasnya.

3. Langsung Diantar ke Rumah

Lalu, untuk penerima disabilitas ataupun berusia sudah tua akan diantar langsung ke rumah.

Tapi, untuk yang mencairkan di kantor pos harus membawa indentitas asli yaitu KTP atau kartu keluarga (KK).

Jika ingin diwakilkan harus merupakan anggota keluarga di dalam satu KK dengan membawa KK dan KTP asli. Jika KPM tidak mempunyai e-KTP dan hanya mempunyai KTP lama.

BACA JUGA:4 Fakta BLT Minyak Goreng Rp300.000 Hampir 100%, Langsung Diantar ke Rumah hingga Pakai Pesawat

4. Proses Pencairan

Sedangkan, untuk masyarakat penerima BLT minyak goreng dan sembako di luar kategori tersebut harus mencairkan di kantor pos harus membawa indentitas asli yaitu KTP atau kartu keluarga (KK).

5. Bisa Diwakilkan

Kalau berhalangan hadir dan terpaksa diwakilkan harus merupakan anggota keluarga di dalam satu KK dengan membawa KK dan KTP asli.

Jika KPM tidak mempunyai e-KTP dan hanya mempunyai KTP lama, maka disiapkan KK asli sebagai data pembanding.

6. Dikirim Pakai Pesawat

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyebut kalau BLT minyak goreng ini bisa rampung sebelum Lebaran 2022.

Sehingga, penyaluran tersebut harus ada yang sampai memakai pesawat.

"Kendalanya banyak, Indonesia ini kan kepulauan, kemudian ada yang di Papua jaraknya jauh, terpaksa kita terobos bagaimana bisa dibagikan, kemarin kita kirim pakai pesawat untuk mempercepat," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini