Share

Arus Balik, Menhub Tak Ingin Kemacetan Terjadi Lagi di Pelabuhan Merak

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 04 Mei 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 320 2588847 arus-balik-menhub-tak-ingin-kemacetan-terjadi-lagi-di-pelabuhan-merak-z6YURGtAB3.png Menhub Persiapkan Arus Balik Lebaran 2022. (Foto: Okezone.com/BKIP)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan harus arus balik Lebaran 2022. Dua titik yang menjadi perhatian yaitu Jalan Tol Jakarta-Semarang dan Penyeberangan Merak.

Pada puncak mudik, di Pelabuhan Penyeberangan Merak juga sempat terjadi kepadatan akibat tingginya lonjakan pemudik yang akan menyeberang.

Sebagai catatan, Untuk mengatasi kepadatan, telah dilakukan penambahan dua pelabuhan yakni : Ciwandan dan Indah Kiat. Selain menambah pelabuhan, juga dilakukan penambahan kapal.

“Tercatat, sebanyak dua kapal beroperasi di Dermaga Indah Kiat dan sembilan kapal beroperasi di Dermaga Ciwandan. Sehingga total kapal yang beroperasi melayani penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, Lampung sebanyak 53 kapal,” tanda Menhub Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, Budi Karya Sumadi menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat khususnya bagi pemudik yang terlibat dalam kemacetan panjang di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten H-2 Lebaran Sabtu (30/4/2022) lalu

Sebelumnya, kemacetan tenjadi di kawasan Pelabuhan Merak hingga 20 kilometer dari pintu Pelabuhan Merak hingga Tol Tangerang Km 90 pada Sabtu pagi, pukul 09.00 WIB. Kepadatan terjadi oleh kendaraan yang akan diberangkatkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Untuk ini semua (kepadatan dan lonjakan pemudik di Merak) kami ucapkan maaf belum bisa melayani dengan baik, tapi Insya Allah dalam kurang dari 12 jam proses penyeberangan bisa berlangsung dengan baik,” kata Menhub Budi Karya.

Budi berjanji arus kepadatan penumpang yang mudik menggunakan jalur penyeberangan akan segera terurai.

Baca Selengkapnya: Arus Balik Lebaran 2022, Menhub Soroti Tol Jakarta-Semarang dan Penyeberangan Merak

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini