Share

Daftar 5 Negara dengan Pajak Terendah di Dunia, Ada Indonesia?

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 03 Mei 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 320 2588881 daftar-5-negara-dengan-pajak-terendah-di-dunia-ada-indonesia-lv7F2zdPMV.jpg Negara dengan Pajak Terendah (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA – Ada lima negara dengan pajak terendah di dunia, salah satunya yaitu Makedonia. Di mana, Makedonia menjadi satu-satunya negara di dunia dengan tarif atau nilai pajak di bawah 10 persen.

Adapun pajak adalah kewajiban yang harus dipenuhi setiap warga negara. Di mana, pajak akan digunakan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum.

Pajak juga menjadi salah satu sumber pemasukan bagi negara. Semakin besar nilai pajak, maka semakin besar pula pemasukan yang bisa diterima oleh negara.

Namun sebaliknya, jika semakin rendah tarif pajak sebuah negara, maka semakin sedikit pula pemasukan mereka dari sisi penerimaan pajak. Lalu, negara-negara mana saja dengan pajak terendah di dunia?

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (3/5/2022), berikut lima negara dengan pajak terendah di dunia:

1. Makedonia

Data dari World Economic Forum (WEF) menunjukkan bahwa Makedonia menjadi satu-satunya negara di dunia dengan nilai atau tarif pajak yang ada di bawah 10 persen. Berdasarkan laporan International Monetary Fund (IMF), Makedonia berniat meningkatkan nilai pajaknya dua kali lipat. Hal itu lantaran pajak Makedonia mencapai nilai terendah sejak 2008.

2. Qatar

Nilai pajak di negara Qatar hanya berkisar 11,3 persen. Negara dengan nilai pajak terendah kedua di dunia ini, juga merupakan negara dengan kekayaan minyak terbanyak kedua di dunia.

3. Kuwait

Nilai pajak di Kuwait memang cukup rendah dan menempatkan mereka sebagai negara nomor tiga di dunia dengan nilai pajak yang rendah.

Adapun nilai pajak di Kuwait, yakni 12,8 persen. Angka tersebut pernah ditolak oleh IMF lantaran dianggap tidak mampu meningkatkan kondisi finansial negara tersebut yang tengah dalam kondisi jatuh.

4. Bahrain

Negara yang kaya dengan minyak ini menghitung besaran pajak hanya sebesar 13,5 persen. Bahrain bahkan tidak memberikan pajak terhadap pajak pendapatan dan pajak penjualan.

5. Lesotho

Sebagai negara berbentuk kerajaan, Lesotho memiliki kehidupan ekonomi dari agrikultur, livestock, pertambangan, dan lainnya.

Lesotho sendiri merupakan salah satu negara miskin di dunia, tetapi memiliki pajak terendah dibandingkan negara lainnya di benua Afrika. Negara ini memiliki nilai pajak sebesar 13,6 persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini