Share

Wapres Meminta Pemda Buat Program Penciptaan Lapangan Kerja hingga Kemiskinan

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2022 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 10 320 2591649 wapres-meminta-pemda-buat-program-penciptaan-lapangan-kerja-hingga-kemiskinan-VtplivhB2k.jpg Wapres Minta Pemda Siapkan Program Lapangan Kerja dan Kemiskinan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) untuk fokus memberikan program-program menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Hal tersebut menjadi indikator penting dalam proses pemulihan ekonomi pasca pandemi covid 19 yang sebelumnya cukup berdampak bagi dunia usaha sehingga banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan.

"Saya minta program-program lebih banyak difokuskan pada penguatan daya beli dan penurunan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi,” ujar Wapres, Senin (9/6/2022).

Baca Juga: Menparekraf Temui Menlu Singapura, Bahas Kerja Sama Pariwisata untuk Buka Lapangan Kerja

Maruf Amin menjelaskan dampak pandemi Covid-19 telah banyak mengubah kondisi perekonomian masyarakat, sehingga pemerintah harus berjuang dalam mengatasinya dengan meningkatkan kembali perekonomian masyarakat.

Di samping itu Wapres juga meminta agar Pemerintah Daerah terus mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di daerah masing-masing. Hal tersebut bakal berdampak pada cepatnya seseorang untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Jokowi: Percepat Proses Hilirisasi Industri di Dalam Negeri!

“Ciptakan ekosistem yang mendukung pencapaian optimal SDM di daerah melalui institusi ekonomi yang mampu memfasilitasi kemampuan dan bakat masyarakat, terutama generasi muda,” kata Wapres.

Pemerintah Daerah Menurut Maruf Amin juga harus menunjukkan komitmen keberpihakan kepada UMKM dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional. Misalnya dari segi akses permodalan untuk pengembangan usaha.

Karena jika UMKM lebih mudah untuk mengaksesnya permodalan dari pemerintah akan semakin cepat juga usaha itu akan bertumbuh. Sehingga ketika sudah tumbuh atau bangkit dari pandemi, maka sudah barang tentu memerlukan kembali para pekerja.

“Melalui pemberian subsidi bunga pinjaman, restrukturisasi kredit, pemberian modal kerja, insentif perpajakan, dan penguatan teknologi digital bagi UMKM,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini