Share

10 Perusahaan Raksasa di Dunia yang Berawal dari Garasi Rumah

Tim Okezone, Okezone · Rabu 11 Mei 2022 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 455 2592529 10-perusahaan-raksasa-di-dunia-yang-berawal-dari-garasi-rumah-oURzu0sSFy.jpg 10 Perusahaan Raksasa Berawal dari Garasi Rumah (Foto: Business Insider)

JAKARTA - 10 perusahaan raksasa di dunia yang berawal dari garasi rumah menarik diketahui. Meski berawal dari garasi rumah, kini menjelma sebagai perusahaan raksasa dunia.

Setelah menjadi perusahaan raksasa dunia, pemiliknya bahkan menjadi orang terkaya di dunia. Sebut saja nama Bill Gates hingga Jeff Bezos.

Berikut 10 perusahaan raksasa di dunia yang berawal dari garasi rumah seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Rabu (11/5/2022).

BACA JUGA: Mengintip Perjalanan Bisnis Darmo Hadipranoto, Bangun Es Krim Campina dari Garasi Rumah 

1. Amazon

Jeff Bezos memulai Amazon di Bellevue, Washington. Di mana Bezos dan istrinya saat itu MacKenzie Bezos menyewa dengan harga USD890 atau sekitar Rp12 juta per bulan.

Kemudian, rumah ini dijual dengan harga lebih dari USD1,5 juta atau sekitar Rp2,1 triliun, tetapi itu bukan rumah yang sama persis dengan yang dulu Bezos tempati. Sebab, rumah tersebut sudah direnovasi pada 2001. Kesamaan yang tersisa dari rumah tersebut hanyalah sebuah kotak surat.

Kini Amazon menjadi salah satu toko online (marketplace) dengan jaringan terbesar dunia. Setiap hari marketplace ini tak pernah berhenti bertransaksi.

 

2. Microsoft

Pada masa awal-awal perusahaannya, Bill Gates dan Paul Allen bekerja mendirikan Microsoft di sebuah garasi yang terletak di Kota Albuquerque, California dan menjadikan Sundowner Motel sebagai salah satu tempat tinggal sementara. Di tempat inilah menulis bahasa versi pemrograman BASIC.

Pada tahun 2013, motel tersebut pun dibangun kembali menjadi perumahan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Apple

Garasi yang berada di Los Altos, California ini merupakan rumah masa kecil dari salah satu pendirinya yaitu Steve Jobs.

Pada tahun 2013 ini Los Altos Historical Commission menetapkan rumah itu sebagai situs yang bersejarah. Meskipun Steve Mozniak mengatakan, di garasi tersebut dia dan Jobs hanya bertukar pikiran dan tidak membuat desain dan merencanakan pembuatan produk di sana.

4. HP

Sudah hampir lebih dari 80 tahun yang lalu, Bill Helwat dan David mendirikan HP di garasi milik David yang berada di kota Palo Alto.

Pada tahun 1987, tempat ini dijadikan sebagai situs sejarah dan HP pun membeli properti pada tahun 2000 sebesar USD1,7 juta atau sekitar Rp23,7 miliar.

5. Google

Pendiri Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin menyewa sebuah garasi di Kota Menlo Park, California di tahun 1998. Garasi yang harga sewa per bulannya mencapai USD1.700 ini atau mencapai Rp23,7 juta ini merupakan milik CEO Youtube Susan Wojcicki.

Pada 2018, untuk merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun Google membuat garasi ulang dan membiarkan penggemar Google berkunjung ke sana.

6. Harley Davidson

Motor besar dengan suara knalpot lantang, namun begitu identik dan khas. Anda akan gagah saat menungganginya. Ya, Anda pasti mengenal motor gede (moge) Harley Davidson. William Harley dan Arthur Davidson memulai usaha untuk membuat motor menggunakan merek ini di sebuah gudang kecil di halaman rumah pada tahun 1903. Perusahaan Harley Davidson sempat menjadi penghasil sepeda motor terbesar di dunia selama periode akhir Perang Dunia I hingga tahun 1928.

7. Disney

Studio pertama Walt Disney adalah garasi mobil di Hollywood dengan ukuran yang sangat kecil. Dari tempat tersebut, ia mulai membuat film animasi pendek. Walt Disney juga berhasil menciptakan beragam karakter kartun yang dikenal banyak orang, seperti miki tikus hingga donal bebek. Walt Disney juga melahirkan Disneyland yang dibuka pada tahun 1955, sebuah taman wisata yang sangat luas. Kini perusahaan tersebut berkembang menjadi studio yang membuat beragam film yang tak melulu film kartun animasi.

8. Mattel

Perusahaan pembuat boneka Barbie, Mattel, didirikan pada tahun 1945. Pendiri Mattel sendiri menggunakan garasi rumahnya untuk merancang dan membuat boneka-boneka Barbie.

Home industri yang sederhana ini pun terus berkembang hingga kini menjadi salah satu perusahaan besar dunia di bidang mainan.

9. Yankee Candle

Perusahaan lilin aromatik terkenal di dunia, Yankee Candle berawal dari seorang anak lelaki berusia 14 tahun yang bernama Michael Kittredge saat ia membuat lilin aromatik pertamanya. Lilin tersebut terbuat dari krayon yang meleleh sebagai hadiah untuk orang tuanya.

Para tetangga pun memperhatikan dan menyatakan untuk membeli lilin buatan tangannya. Saat ini, Perusahaan Lilin Yankee menjual lilin beraroma dan suvenir lainnya di lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Toko Lilin Yankee pertama telah diubah menjadi museum mini.

10. Nike

 

Nike, merk sepatu yang terkenal secara internasional, didirikan pada tahun 1971 di sebuah garasi rumah. Nike kini menjadi salah satu perusahaan besar dunia dan merupakan usaha bernilai jutaan dolar.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini