Share

Mengenal Fungsi Tol, dari Bahu Jalan hingga Lajur Kanan

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 13 320 2593619 mengenal-fungsi-tol-dari-bahu-jalan-hingga-lajur-kanan-TtZcdYLpA1.jpg Mengenal Fugnsi Lajur di Jalan Tol. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Arus mudik dan balik Lebaran 2022 berjalan efektif. Di mana akhirnya setelah dua tahun dilarang mudik karena pandemi, masyarakat bisa berkumpul keluarga di kampung halaman masing-masing.

Salah satu akses jalan mudik dan balik Lebaran yang digunakan adalah jalan tol. Pada mudik kemarin, tercatat ada 1,7 juta kendaraan tinggalkan Jakarta melalui jalan tol.

Namun kali ini yang diulas bukan tol mana saja yang dilalui saat arus mudik dan balik Lebaran. Tapi lebih kepada fungsi si jalan tol tersebut.

Baca Juga: Keren, Ada Jalur Gajah dan Beruang di Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Mengutip Instagram Kementerian PUPR, dijelaskan mengenai fungsi beberapa lajur yang ada di jalan tol. Di mana saat melintas kerap kali melewati tol dengan 3 lajur hingga 4 lajur.

"SahabatPUPR, jalan tol dibuat berlajur yang dipisahkan dengan garis markah sebagai penanda. Yuk kita kenali fungsi tiap lajur agar tidak salah posisi saat berkendara di jalan tol," terang Kementerian PUPR.

Baca Juga: Tak Lagi Gratis! Tol Sigli-Banda Aceh Resmi Berbayar Hari Ini, Berikut Tarifnya

Dimulai dari bahu jalan. Berada di area paling kiri, bahu jalan hanya boleh digunakan untuk arus lalu lintas pada keadaan darurat atau kendaraan berhenti karena keadaan darurat.

Bergeser ke kanan atau pada lajur lambat. Lajut ini diperuntukan bagi kendaraan berdimensi besar dan berat engan kecepatan relatif rendah.

Kemudian di lajur ke-2 dan ke-3. Jalan ini diperuntukan untuk kendaraan dengan kecepatan konstan atau stabil.

Sedangkan lajur kanan atau berada di area paling kanan, lajut ini diperuntukan bagi kendaraan dengan kecepatan tinggi (sesuai ketentuan batas kecepatan). Jalan ini juga untuk mendahului kendaraan yang berada di sebelah kiri.

Setelah mengenal soal fungsi lajur tol tersebut. Masyarakat juga harus mengetahui soal batas kecepatan minimum dan maksimal di jalan tol. Apalagi sekarang ada sanksi tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) berlaku di jalan tol mulai 1 April 2022.

Untuk batas kecepatan minimum 60 km per jam dan maksimum yang berlaku 100 km per jam.

Ruas tol yang meberlakukan batas kecepatan maksimum ialah Tol Jakarta-Cikampek Tol Jakarta-Cikampek, Tol Layang MBZ, Tol Sedyatmo, Tol Dalam Kota, dan Tol Kunciran-Cengkareng.

Kemudian, ruas tol yang meberlakukan aturan batas kapasitas maksimum muatan kendaraan ialah Tol Jakarta Outing Ring Road (JORR) dan Tol Jakarta-Tangerang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini