Share

4 Cara Mudah Belajar Mencintai Uang, Jangan Lupa Traktir Diri Sendiri

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 622 2594783 4-cara-mudah-belajar-mencintai-uang-jangan-lupa-traktir-diri-sendiri-0HYmgAgnM9.jpg 4 Cara Belajar Mencintai Uang (Foto:Okezone)

JAKARTA - Ada 4 cara belajar mencintai uang yang bikin Anda tidak ingin kehilangannya. Saat ini uang termasuk alat transaksi yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Mencintai uang secara berlebihan akan membuat seseorang selalu merasa khawatir. Mereka takut uang yang mereka miliki saat ini, tidak akan pernah cukup untuk membiayai hidup mereka di masa depan nantinya. Bagi seseorang sudah mencintai uang secara berlebihan, maka ia pun akan mulai melihat orang lain berdasarkan kekayaan yang mereka miliki.

BACA JUGA:5 Mata Uang Kerajaan Kuno di Indonesia, Ada yang Paling Berharga

Oleh karena itu, mencintai uang memiliki makna berbeda-beda ada yang bergaya hidup dengan serba menghambur-hamburkan uang dengan belanja sepuasnya.

Namun, ada cara untuk lebih dewasa dalam melakukan pengeluaran, seperti mengambil keputusan yang lebih bijak. Hal ini berlaku untuk diri sendiri agar menjadi lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

Berikut 4 cara belajar mencintai uang yang dirangkum Okezone:

1. Fokus menghargai uang

Berfokus menghargai uang salah satu betuk mencintai alat tukar pembayaran tersebut. Saat ini, rasa cinta terhadap uang  membuat seseorang merasa tidak pernah cukup. Untuk itu selalu memfokuskan pengeluaran Anda.

 2. Mencintai Penghasilan

Lebih baik jika mencintai penghasilan yang didapat. Kemudian berlakukan penghasilan tersebut dengan bijak, sehingga pengeluaran yang dikeluarkan tidak membludak. Anda juga perlu untuk menikmati dan menjalani hidup kita dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai karena terlalu sibuk mencari uang, kamu kehilangan momen berharga di dalam hidupmu.

3. Bijak Mengeluarkan Uang

Jika Anda membeli sesuatu alangkah baiknya bisa menerapkan negosiasi sebelum membayar. Hal ini tidak hanya berlaku untuk pembelian barang saja, namun juga saat berbicara dengan penjual barang tersebut. Menanyakan penjual apakah ada barang yang diberikan diskon harga  juga bisa dijadikan alternatif. Sehingga pengeluaran yang dikeluarkan juga jadi lebih sedikit.

 4. Traktir Diri Sendiri

Berapapun jumlah pendapatan yang diperoleh, harus diatur sedemikian rupa untuk bisa disisihkan demi masa depan. Usahakan untuk sering melihat jumlah uang yang disimpan di tabungan maupun investasi yang semakin lama semakin meningkat jumlahnya. Sehingga Anda bisa merasa sayang untuk mengeluarkan dan menggunakan uang tersebut secara berlebihan. (RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini