Share

Oscar Mitra Sukses Sejahtera (OLIV) IPO Hari Ini, Cek Profil Lengkapnya

Anggie Ariesta, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 278 2595175 oscar-mitra-sukses-sejahtera-oliv-ipo-hari-ini-cek-profil-lengkapnya-lToVGwLD3g.JPG Oscar Mitra Sukses Sejahtera IPO hari ini. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk akan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Selasa (17/5/2022).

Calon emiten dengan kode saham OLIV ini akan menjadi perusahaan tercatat ke-20 di BEI pada tahun 2022.

Mengutip laman e-IPO, Oscar Mitra Sukses Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan furniture online. Sebagai salah satu pioneer di penjualan online, Perseroan diundang untuk bekerja sama dengan berbagai marketplace, salah satunya JD.ID dimana Perseroan memperoleh penghargaan sebagai toko furniture pertama di marketplace tersebut.

 BACA JUGA:Daftar 10 Saham Top Gainers Sepekan, ESTA hingga RAJA Melesat

Awalnya, Oscar Mitra Sukses Sejahtera menggunakan kesempatan tersebut sebagai Channel (Saluran) penjualan tambahan untuk kegiatan usahanya. Namun dengan meningkatnya tren belanja online dan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, pada saat ini penjualan online menjadi salah satu kontribusi terbesar terhadap penjualan Perseroan.

Oscar Mitra Sukses Sejahtera terus menambah berbagai produk baru, baik brand maupun sub-kategori seperti Laundry & Cleaning, Baby Furniture, Plastic Furniture, untuk melengkapi portofolio Perseroan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Produk-produk yang dipasarkan Perseroan merupakan hasil “PRODUKSI DALAM NEGERI”.

Dalam menjalankan usahanya, Oscar Mitra Sukses Sejahtera banyak melakukan kolaborasi dengan UMKM dan pengrajin tenun yang menghasilkan Sofa hingga Sofabed. Furnitur tersebut menggunakan kain “TENUN TROSO” yang menjadi best-seller hingga saat ini.

Dalam rencana IPO, Oscar Mitra Sukses Sejahtera menawarkan 400 juta saham ke publik atau setara dengan nilai nominal Rp 10 per saham. Sementara, saham yang dipegang oleh jajaran direksi dan pendiri mencapai Rp1,5 miliar. Dengan begitu, OLIV mencatatkan 1,9 miliar saham di BEI.

Dalam penjatahannya, OLIV menetapkan harga IPO sebesar Rp 100 per saham. Harga ini merupakan batas bawah dari harga penawaran yang berada dalam kisaran Rp 100 hingga Rp125 per saham.

Berdasarkan laporan BEI, perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan eceran furnitur untuk barang perlengkapan rumah tangga dan perlengkapan dari ini akan meraup dana segar sejumlah Rp40 miliar.

Selain saham, OLIV akan mencatatkan waran Seri I. Adapun jumlah waran yang ditawarkan sebesar 400 juta waran yang mewakili 26,67% dari jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor.

 BACA JUGA:IHSG Berpotensi Lanjutkan Pelemahan, Waktunya Tambah Koleksi Saham

Perlu diketahui, berdasarkan laporan keuangan perusahaan, per Oktober 2021, OLIV mencetak penjualan sebesar Rp39,39 miliar, melonjak 64,88% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya Rp23,89 miliar.

Selain itu, laba tahun berjalan OLIV juga melonjak dua kali lipat lebih, yaitu dari Rp 206,32 juta menjadi Rp 525,08 juta per Oktober 2011.

Penjualan produk plastik menjadi kontributor terbesar bagi penjualan OLIV. Nilai penjualannya per Oktober 2021 mencapai Rp16,32 miliar. Angka ini naik dari Rp7,74 miliar setahun sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini