Share

2 UKM Berhasil Ekspor Popcorn dan Sabut Kelapa ke Taiwan

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 320 2596580 2-ukm-berhasil-ekspor-popcorn-dan-sabut-kelapa-ke-taiwan-6CoNCUQUm0.jpg Ekspor UKM RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) Kementerian Perdagangan mengapreasiasi kegigihan dua pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) binaan Export Center Surabaya (ECS) yang berhasil melakukan ekspor, khususnya di tengah berbagai tantangan perdagangan global yang dihadapi saat ini.

Kedua pelaku usaha yang berhasil melakukan ekspor yaitu UD Omaku asal Blitar dan PT Madame Export Indonesia asal Tuban.

UD Omaku mengekspor produk makanan ringan popcorn ke Taiwan senilai USD 5.800. Sedangkan PT Madame Export Indonesia mengekspor dua jenis produk, yakni media tanam yang dibuat dari sabut kelapa (cocopeat) dan vanili, masing-masing ke Australia dan Taiwan dengan nilai berturut-turut sebesar USD 7.463 dan USD 17.000.

“Kami sangat mengapresiasi Tim ECS yang aktif melakukan pendampingan sehingga mampu melaksanakan ekspor secara mandiri. Dengan semangat yang konsisten dan kolaborasi dengan berbagai pihak, ECS dapat menjembatani UKM di wilayah kerjanya hingga mampu menggarap pasar global,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi dikutip dari keterangan resminya, Kamis (19/5/2022).

Sekretaris Ditjen PEN, Ganef Judawati menambahkan, Kemendag akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong UKM Indonesia dapat berpartisipasi pada rantai nilai global.

"Keberhasilan dua pelaku ekspor Jawa Timur ini dalam membuka pasar ekspor harus kita apresiasi. Keberhasilan ini diharapkan dapat memotivasi pelaku UKM di wilayah Bali, Jawa Timur, serta seluruh Indonesia,” tutur Ganef.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini