Share

Luhut Ikut Urusi Minyak Goreng, Kemendag Beri Penjelasan

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 320 2599161 luhut-ikut-urusi-minyak-goreng-kemendag-beri-penjelasan-dplWblYkVM.jpeg Menko Luhut Ikut Urusi Masalah Minyak Goreng. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA — Kementerian Perdagangan menjelaskan soal peran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam mengurusi permasalahan minyak goreng.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan menilai Menko Luhut sebagai sutradara terhadap pengembangan sistem aplikasi pemerintah untuk distribusi minyak goreng di Jawa Bali.

Baca Juga: Dipegang Luhut, Masalah Harga dan Stok Minyak Goreng Bakal Selesai?

“Jadi Pak Luhut kan telah berpengalaman di PPKM lewat PeduliLindungi, nanti Pak Luhut itu semacam sutradaranya tapi pemimpinnya tetap Pak Presiden," kata Oke Nurwan, Selasa (24/5/2022).

Ke depan, Luhut akan membantu dengan memberi arahan terhadap pengembangan sistem aplikasi pemerintah untuk distribusi minyak goreng. Salah satu saran yang ia beri adalah agar masyarakat menggunakan Nomor Induk Kependudukan untuk membeli minyak goreng curah ketimbang membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tugaskan Menko Luhut Bereskan Masalah Minyak Goreng

"Kita kan sudah ada sistem aplikasi untuk distribusi minyak goreng lewat Simirah yang harus pakai KTP, sekarang kita kembangkan sistem baru lagi. Simirah diperkuat biar enggak hanya pakai KTP tapi pakai NIK. Kata pak Luhut NIK saja," ujarnya.

Dia menuturkan dengan melalui integrasi dengan NIK, pemerintah akan mengetahui histori pembelian minyak goreng seseorang.

"Jadi (penggunaan) NIK seperti Peduli Lindungi. Dia beli di sana lalu di situ, akan ketahuan. Itu yang kami sempurnakan, itu kan cita-citanya " kata Oke.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenko Marves Jodi Mahardi menyatakan dan membenarkan , Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diminta langsung Presiden Jokowi membantu memastikan ketersediaan minyak goreng, khususnya di Jawa dan Bali.

“Pak Menko (Luhut) diminta presiden untuk membantu memastikan ketersediaan dan distribusi minyak goreng sesuai target, di daerah jawa bali, Nanti Pemerintah akan menggunakan aplikasi digital untuk dalam melaksanakan kebijakan ini,” urainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini