Share

Bikin Barang Bekas di Rumah Jadi Cuan, Berikut Cara Memanfaatkannya!

Viola Triamanda, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 455 2599942 bikin-barang-bekas-di-rumah-jadi-cuan-berikut-cara-memanfaatkannya-dFkJ5a6mcO.jpg Baju Bekas Dijadikan Usaha. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Upcycle mulai familiar terdengar ditelinga masyarakat. Istilah upcycle berarti proses daur ulang yang mengubah barang itu menjadi menjadi barang dengan kemanfaatan baru tanpa menghilangkan bentuk asli barang.

"Untuk upcycle itu sudah ada dari dulu ya tapi banyak orang yang belum menggeluti bidang ini," ujar Upcycle content kreator, Wira Laga Bachtiar pada Market Review IDX Channel di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Menurutnya, upcycle bisa menjadi hobi. Di mana kegiatan ini juga menarik ditekuni sebagai bisnis.

Baca Juga: Dihina dan Ditinggalkan Suami, Begini Kisah Sukses Perempuan yang Bisnisnya Diapresiasi Sri Mulyani

"Aku juga mendapatkan banyak keuntungan dari sini, apalagi kalau barang-barang branded yang udah rusak lalu aku upcycle jadi tas atau yang lainnya itu juga bisa aku jual lagi" pungkasnya.

Menurutnya, untuk mendapatkan bahan dasar upcyle bisa dicari dari barang bekas atau biasa dikenal dengan istilah 'thrifting'.

"Untuk barang-barang yang aku dapat biasanya pertama itu dari barang-barang aku sendiri dan biasanya aku juga thrifting. Jadi aku nyari ke pasar barang bekas dan bahkan sekarang ada yang jual online" ujarnya.

Baca Juga: Erick Thohir Pernah Jualan Biji Karet Gegara Star Wars, Begini Kisahnya

Dia juga menyatakan mendapat keuntungan sangat besar saat melakoni bisnis upcycle ini.

"Biasanya untuk modal thrifting itu habis Rp100.000, tapi nanti aku jualnya bisa sampai Rp300-400 ribu, jadi dua kali lipat untungnya" ucapnya.

Menurutnya, produk hasil upcycle sudah memiliki pasar tersendiri juga.

"Marketnya sendiri pun sudah ada, karena orang-orang pada suka dengan modelnya yang unik," pungkasnya.

Selain itu, dirinya kerap diajak bekerja sama oleh beberapa brand untuk menghasilkan produk upcycle dengan bahan dasar brand tersebut.

Upcycle adalah proses daur ulang yang mengubah barang itu menjadi menjadi barang dengan kemanfaatan baru tanpa menghilangkan bentuk asli barang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini