Share

Harga Minyak Dunia Mahal karena Pasokan Terbatas

Antara, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 07:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 320 2600964 harga-minyak-dunia-mahal-karena-pasokan-terbatas-NKjoLWiFb4.jpeg Harga minyak dunia naik (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Harga minyak dunia naik sekitar 3% ke level tertinggi dua bulan pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB). Harga minyak dunia naik di tengah tanda-tanda pasokan yang ketat menjelang musim mengemudi musim panas AS, ketika Uni Eropa (UE) berselisih dengan Hongaria atas rencana untuk melarang impor minyak mentah dari Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli terangkat USD3,37 atau 3,0% menjadi USD117,40 per barel. Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS bertambah USD3,76 atau 3,4% menjadi USD114,09 per barel.

Pedagang juga mencatat harga minyak mengikuti kenaikan ekuitas dan melemahnya dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, yang membuat minyak lebih murah ketika dibeli dalam mata uang lain.

Setelah naik selama enam hari berturut-turut, Brent ditutup pada level tertinggi sejak 25 Maret. WTI menetap di level tertinggi sejak 16 Mei.

"Harga minyak mentah naik karena pasar minyak yang ketat akan tetap ada mengingat awal musim mengemudi musim panas akan menjaga lintasan penurunan untuk persediaan AS," kata Edward Moya, analis pasar senior di perusahaan data dan analitik OANDA.

Harga mendapat dukungan dari penarikan mingguan besar dalam persediaan minyak mentah AS yang dilaporkan pada Rabu (25/5/2022).

Produksi minyak Rusia akan turun menjadi 480-500 juta ton tahun ini dari 524 juta ton pada 2021, kantor berita pemerintah RIA melaporkan, mengutip Wakil Perdana Menteri Alexander Novak.

OPEC+ bertemu pada 2 Juni dan diperkirakan akan tetap pada kesepakatan tahun lalu untuk menaikkan target produksi Juli sebesar 432.000 barel per hari, enam sumber OPEC+ mengatakan kepada Reuters, menolak seruan Barat untuk peningkatan yang lebih cepat guna mengendalikan harga.

Faktor lain juga menjadi pendukung harga minyak.

"Shanghai sedang bersiap untuk dibuka kembali setelah penguncian selama dua bulan, sementara puncak musim mengemudi di AS dimulai dengan akhir pekan Memorial Day," kata Sugandha Sachdeva, wakil presiden penelitian komoditas di Religare Broking. Amerika Serikat merayakan Memorial Day pada Senin (30/5/2022).

Pemerintah AS menyita kargo minyak Iran yang disimpan di kapal yang dioperasikan Rusia di dekat Yunani dan akan mengirim kargo ke Amerika Serikat dengan kapal lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini