Share

Dukung UMKM Go Digital, RI Siapkan Perlindungan dari Serangan Siber

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Rabu 01 Juni 2022 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 320 2603557 dukung-umkm-go-digital-ri-siapkan-perlindungan-dari-serangan-siber-88tEIGIAXG.jpg Ilustrasi UMKM. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhony G Plate mengatakan dalam perkembangan e-commerce masih diperlukan sebuah regulasi untuk melindungi para pelaku UMKM.

Sebab menurutnya, UMKM harus segera melakukan adaptasi untuk masuk ke dunia digital agar memudahkan mereka ke pasar baru.

Apalagi tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi digital juga membawa perubahan pola hidup masyarakat.

 BACA JUGA:Menteri Teten Sebut 97% UMKM Jadi Penyedia Lapangan Kerja

Menkominfo menekankan adanya perlindungan terhadap pelaku UMKM dalam pemanfaatan teknologi digital terutama dari serangan siber atau cyber attack.

Dia menyebut pelaku UMKM tentu tidak mempunyai sistem dan pembiayaan sebesar hingga secanggih perusahaan teknologi global.

Oleh karena itu, memerlukan perlindungan dari sisi serangan siber.

"Regulasi dan kebijakan dari para pemimpin diperlukan untuk tidak memberikan tempat atau ruang yang nyaman bagi pelaku-pelaku kriminal siber," ujar Menkominfo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/5/2022).

Dia menyatakan serangan siber masih berlangsung terus setiap saat.

 BACA JUGA:Beri Pelatihan UMKM, Sandiaga Uno Cerita Pengalaman Mulai Bisnis 25 Tahun Lalu Usai Krisis

Dia menambahkan serangan siber tidak saja terjadi di Indonesia, ASEAN, tetapi juga terjadi di seluruh dunia.

Bahkan, dia mencontohkan negara maju pun seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Korea Selatan, banyak terjadi cyber attack maka seluruh pembuat kebijakan harus memastikan jangan yang aman.

"Tetapi yang perlu dilakukan adalah mengambil langkah-langkah yang tegas berupa aturan dan mengimplementasikannya," pungkasnya,

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini