Share

Gen Milenial-Gen Z : Antara Investasi & Party

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 622 2604875 gen-milenial-gen-z-antara-investasi-party-VyZns741mq.jfif MotionFunds. (Foto: Okezone.com/MNC)

JAKARTA - Generasi milenial dan generasi Z kini banyak di cap sebagai generasi yang kreatif, berani mengambil risiko, dan produktif.

Namun di sisi lain, mereka juga menjalankan budaya konsumtif, hal ini akibat dari berkembangnya budaya digital dan teknologi internet.

Bagi sebagian anak muda yang sudah berpenghasilan dan tinggal di Jakarta, pasti tidak asing dengan kata party, hangout, chill. Sekedar melepas penat sehabis bekerja dengan berkunjung ke cafe atau club bersama teman-teman, kini bagi sebagian generasi milenial ataupun generasi Z hal ini menjadi gaya hidup yang rutin dilakukan.

Baca Juga: Pacu Literasi Investasi, MNC AM & MNC Sekuritas Gandeng BEI Kepri Gelar Webinar Sekolah Reksa Dana

Faktor lain yang membuat anak muda lebih konsumtif adalah dari lingkungan pertemanan kantor ataupun komunitasnya, karena waktu yang mereka habiskan dalam satu hari, lebih banyak pada lingkungan tersebut.

Bagi anak muda kegiatan investasi saat ini belum lah dianggap hal yang fundamental, hal ini terbukti dari data survey BEI pada tahun 2021 baru 7,48 juta investor dari generasi milenial dan generasi Z, jumlah ini sangat timpang dari hasil sensus penduduk pada tahun 2020 yaitu, jumlah generasi milenial sebanyak 69,9 juta dan generasi Z sebanyak 75,49 juta.

Baca Juga: MNC Asset Management "22 Years Growing Together"

Investasi yang dilakukan sejak dini, sangat bermanfaat untuk melindungi nilai aset dari inflasi yang menyebabkan turunnya daya beli uang yang kita miliki. Salah satu investasi yang dapat dilakukan oleh anak-anak muda yang produktif dan mempunyai banyak waktu, adalah dengan berinvestasi melalui reksa dana.

Produk reksa dana yang sesuai dengan anak muda yang produktif dan aktif adalah reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana berbasis saham, karena masih pada rentang usia yang sangat produktif untuk bekerja. Namun dalam memilih produk reksa dana, hal yang perlu diperhatikan adalah dengan mengenali profil risiko terlebih dahulu dan jangka waktu investasi yang akan dipilih. Sebagai contoh, bagi nasabah pemula dapat membeli produk reksa dana pendapatan tetap MNC Dana Likuid dengan performance 7,58% p.a ataupun MNC Dana Syariah dengan imbal hasil 7,38% p.a berdasarkan NAB pertanggal 31 Mei 2022.

Adapun nasabah yang ingin membeli produk reksa dana MNC AM pada periode 1 Maret 2022-31 Agustus 2022 akan mendapatkan cashback. Nasabah dapat membeli produk reksa dana MNC AM melalui website www.motionfunds.id. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center (021) 2970 9696 atau email di cs.mam@mncgroup.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini