Share

Catat Kenaikan Hingga 53 Persen, Bukti Nyata Kontribusi Paxel Pulihkan Ekonomi Nasional

Karina Asta Widara , Okezone · Kamis 09 Juni 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 11 2608599 catat-kenaikan-hingga-53-persen-bukti-nyata-kontribusi-paxel-pulihkan-ekonomi-nasional-hXcKUo1y63.jpg Foto: Dok Paxel

Sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi serta didukung dengan ekosistem digital, Paxel turut serta mendorong pemulihan ekonomi nadional. Bahkan, selama pandemi Covid-19 Paxel sangat membantu masyarakat yang mengalami pembatasan kegiatan dari peraturan pemerintah.

Pelonggaran pembatasan kegiatan dari peraturan Pemerintah, kini menghidupkan kembali mobilitas masyarakat. Sejalan dengan itu, pertumbuhan ekonomi kian meningkat. Selama Ramadan tahun ini, Paxel melalui Ramadan Insight 2022 melihat adanya kenaikan ekonomi dari pengiriman kebutuhan rumah tangga.

Selama Ramadan Paxel mencatatkan tiga pengiriman yang cukup signifikan, PaxelBig yang meningkat hampir lima kali lipat dibanding tahun lalu. Untuk layanan next day mengalami kenaikan 16,9 persen. Lalu, PaxelInstant yang juga bertambah dua kali lipat.

PaxelBig pada Ramadan tahun ini lebih banyak digunakan untuk mengantarkan frozen food (38 persen), household and homewares (10 persen), dan fashion and apparel (9 persen). Layanan pengiriman berikutnya yang diminati selama Ramadan, yakni PaxelInstant senilai 148,7 persen serta PaxelMarket 70,1 persen.

Co-founder Paxel, Zaldy Masita, mengatakan terdapat pergeseran perilaku konsumsi masyarakat yang beralih dari kebutuhan pokok ke kebutuhan sekunder bahkan tersier. "Kami juga mencatat setidaknya dibandingkan Ramadan 2021 ada kenaikan di kebutuhan tersebut senilai 85,7 persen item perhiasan atau logam mulia dan 33,5 persen item elektronik, yang paling banyak dikirim pada Ramadan tahun ini," jelasnya.

Sementara itu, layanan PaxelMarket juga mendorong pemulihan ekonomi daerah. Hal ini dilihat dari banyaknya UMKM yang melakukan pengiriman ke beberapa kota Jabodetabek, yang juga menjadi top destinasi pengiriman selama Ramadan tahun ini.

“Kami memang melayani dari satu kota ke kota lainnya, jadi tidak hanya sebatas di dalam kota dan ini peluang yang cukup menjanjikan yang dapat dinikmati para UMKM,” katanya saat ditemui di acara Paxel Ramadan Insight 2022 di Rempah Wangi, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Hal ini tentu saja menunjukkan kebiasaan baru perilaku konsumsi serta kepercayaan masyarakat terhadap layanan Paxel dalam keamanan dan kehigienisan pengiriman makanan dengan fasilitas cold-chain.

Seiring dengan pertumbuhan Paxel selama Ramadan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang dikutip dari Bank Indonesia juga menunjukkan adanya peningkatan konsumsi masyarakat sebesar 113, 1 persen pada bulan April 2022.

Untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi, Paxel melakukan ekspansi ke 30 daerah lainnya, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Sorong. Perluasan jangkauan Paxel turut diiringi infrastruktur yang semakin kuat. Terbaru Paxel hadir di tiga lokasi strategis, yakni Gowa, Gresik, dan Sukoharjo.

“Pertambahan Paxel di beberapa area pada 2022, diharapkan dapat membantu peningkatan ekonomi daerah dan UMKM daerah untuk melebarkan jangkauannya,” tutur Zaldy.

Untuk diketahui, Paxel merupakan jasa pengirimin berbasis aplikasi yang memudahkan kirim paket. Adapun layanan pengiriman Sameday Paxel ini memiliki keunggulan, seperti pengiriman sameday dalam dan luar kota, flat tarif s/d 5kg, fleksibel atur waktu pick-up dan delivery, menjangkau Jawa, Bali, Sulawesi, dan Sumatera, ongkir kembali jika pengiriman terlambat, gratis asuransi pengiriman s/d Rp 1.000.000

Selain itu, Paxel juga memiliki fasilitas-fasilitas lainnya sesuai keingian Anda dalam mengirimkan barang, seperti Smart Locker untuk penyimpanan atau penitipan barang dan juga untuk pick-up atau drop-off kiriman hanya dengan scan QR-Code.

PaxelMarket, layanan ini memudahkan pengiriman makanan dalam toserba online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti jajanan unik khas nusantara, bahan pangan dan berbagai kebutuhan lainnya.

 

PaxelBig untuk melayani pengiriman barang yang cukup banyak dapat menggunakan PaxelBig. Di mana layanan pengiriman paket dengan berat hingga 20 kg dan dimensi maksimal 80 cm (salah satu sisinya), dengan harga ekonomis dan tetap Sameday. Paket ini nantinya akan dijemput dan diantar sampai tujuan, mudah dilacak dan bekerja sama dengan Bluebird Group.

Instant Paxel untuk membantu proses pengiriman dapat lebih cepat sampai ke lokasi tujuan khususnya dalam kota dengan tarif ongkir yang tetap terjangkau.

Instant Multidrop yang memudahkan Anda kirim banyak paket instant dalam kota lebih mudah dan praktis dengan Paxel Instant Multidrop.

Lew@tBox membantu pengiriman paket dengan tidak perlu kontak fisik cukup melalui Pakai Lew@tBox. KIrim paketnya langsung di PaxelBox terdekat dengan Anda.

Nah, untuk menikmati layanan itu semua cukup dengan download aplikasi Paxel. Paxel berusaha sekuat tenaga untuk menghubungkan masyarakat seluruh Indonesia. Yuk, kirim barang lebih mudah dan aman dengan Paxel.

(CM)

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Wid)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini