Share

Sri Mulyani Akui Covid-19 Ubah Pola Kerja Kemenkeu

Michelle Natalia, Sindonews · Kamis 09 Juni 2022 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 320 2608814 sri-mulyani-akui-covid-19-ubah-pola-kerja-kemenkeu-1tEFOagQsX.jpg Sri Mulyani. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah pengambilan keputusan mengenai Asumsi Dasar dalam Pembicaraan Pendahuluan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melanjutkan proses RAPBN TA 2023 dengan menyampaikan Rencana Kerja (Renja) dan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Kementerian Keuangan Tahun 2023 di dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR RI pada Rabu(8/6/2022).

Renja dan RKA merupakan dokumen perencanaan dan penganggaran yang berisi program dan kegiatan suatu kementerian sebagai penjabaran dari Rencana Kerja Pemerintah serta anggaran yang diperlukan untuk melaksanakan program dan kegiatan dimaksud.

Renja dan RKA Kemenkeu menunjukkan upaya untuk terus memelihara semangat reformasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengelola keuangan negara.

 BACA JUGA:Sri Mulyani Blakblakan Subsidi Energi Bisa Naik 5 Kali Lipat

Serta dengan terus merespons berbagai dinamika dan diikuti oleh adaptasi cara kerja berbasis teknologi informasi.

"Adanya pelajaran berharga yang dipetik dari pandemi C-19 di TA 2020 dan 2021 di mana krisis ini telah mendorong implementasi pola kerja baru di Kemenkeu. Selama pandemi, meskipun belanja birokrasi mengalami penurunan, target output (kinerja) Kemenkeu dapat tercapai," ujar Sri dalam akun Instagramnya @smindrawati di Jakarta, Kamis(9/6/2022).

Melalui berbagai inovasi dan adaptasi cara kerja ini, Kemenkeu telah melakukan efisiensi belanja birokrasi sebesar Rp 612,45 miliar selama masa pandemi (TA 2020-2022).

Hal ini dilakukan dengan peningkatan produktivitas melalui pengendalian belanja birokrasi, pelaksanaan meeting secara daring, implementasi aplikasi naskah dinas elektronik, konsolidasi belanja, TIK, penerapan ruang kerja modern, sentralisasi gaji, dan kebijakan prioritas belanja modal.

"Kerja keras ini akan terus kami lanjutkan dan tingkatkan sehingga pengelolaan keuangan negara kita pun turut semakin berkualitas dan kami pun dapat terus menjalankan amanah sebagai punggawa keuangan negara bagi Indonesia tercinta," pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk tahun 2023, Kemenkeu memiliki 5 program rencana kerja, yaitu Program Kebijakan Fiskal, Program Pengelolaan Penerimaan Negara, Program Pengelolaan Belanja Negara, Program Pengelolaan Perbendaharaan, Kekayaan Negara dan Risiko, serta Program Dukungan Manajemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini