Share

Inggris Siapkan Pinjaman Rp22,3 Triliun untuk Proyek MRT Jakarta

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 320 2612905 inggris-siapkan-pinjaman-rp22-3-triliun-untuk-proyek-mrt-jakarta-yGly1q9bPj.jpg Inggris Siap Pinjamkan Rp22 Triliun untuk MRT. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kerajaan Inggris menyatakan komitmennya untuk pengembangan jaringan MRT Jakarta. Otoritas negara setempat siap memberikan pinjaman 1,25 miliar poundsterling atau setara Rp22,3 triliun.

Dukungan ini disampaikan oleh UK Prime Minister’s Trade Envoy to the Asean EC, Indonesia, Malaysia, dan the Philippines Richard Graham MP, saat kunjungan kerjanya ke PT MRT Jakarta (Perseroda).

Baca Juga: DPRD DKI Setujui Usulan Tarif Integrasi Transjakarta, LRT dan MRT Sebesar Rp10 Ribu

Richard mengatakan, pinjaman ini akan dialokasikan untuk pengembangan koridor MRT Jakarta hingga pengembangan proyek urban regeneration.

“Dengan senang hati saya menginformasikan Expression of Interest atau penyampaian minat dari UK Export Finance terkait pemberian pinjaman ekspor senilai 1,25 miliar pound sterling untuk pengembangan koridor MRT Jakarta serta pengembangan proyek urban regeneration di Jakarta. Proyek ini akan membantu mengubah gaya masyarakat kota Jakarta,” ungkap Richard dalam keterangan pers, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Kembangkan MRT, Pemprov DKI Jakarta Gandeng Perusahaan Prancis

Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar mengakui pihaknya dan Crossrail International telah menandatangani nota kesepahaman terkait peningkatan kapasitas MRT.

Termasuk struktur organisasi dan alternatif pendanaan pengembangan jalur MRT, strategi perencanaan dan penyampaian untuk fase lanjutan, dan strategi pembangunan koridor ekonomi, sosial, hijau berkelanjutan sepanjang jalur.

"Dalam kunjungan ini, kami juga membicarakan kemitraan yang terbaik sebelum pertemuan puncak G20 mendatang," kata dia.

Manajemen MRT Jakarta juga akan segera mengoordinasikan surat penyampaian minat dari Kerajaan Inggris ini kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi DKI Jakarta sebagai pengampu kebijakan proyek pengembangan MRT Jakarta.

"Ini merupakan pertemuan lanjutan setelah sebelumnya kami bertemu di London, Kerajaan Inggris pada Mei 2022 membicarakan tentang dukungan Kerajaan Inggris terhadap pengembangan koridor MRT Jakarta,” jelas William.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini