Share

UMKM Harus Maksimalkan Struktur Demografi RI, Mayoritas Milenial

Bella Hariyani, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 455 2620308 umkm-harus-maksimalkan-struktur-demografi-ri-yang-mayoritas-milenial-drqAJqX3iV.jfif UMKM Bisa Maksimalkan Pasar Milenial. (Foto: Okezone.com/Kemenkop)

JAKARTA - Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) diharapkan bisa memaksimalkan struktur demografi. Di mana struktur demografi Indonesia didominasi generasi milenial yang memungkinkan adanya pengadopsian teknologi digital dengan sangat cepat.

Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Fixy mengatakan, digitalisasi menjadi penting karena dapat membantu UMKM meningkatkan hasil pendapatan atau transaksi. Kemudian, membuat pencatatan keuangan lebih teratur, serta meningkatkan literasi keuangan.

Baca Juga: Syarat Penerima BLT UMKM Cair Rp600.000, Apa Saja?

"Kalau bicara data, ada dari CORE. CORE mengatakan bahwa 68% UMKM menyatakan peningkatan pendapatan. Dan mereka juga menyampaikan yang menarik adalah, yang dibawa oleh pandemi ini adalah digitalisasi," kata Fixy, Rabu (29/6/2022).

Kemudian, digitalisasi menjadi suatu hal krusial bagi UMKM lantaran struktur demografi Indonesia yang didominasi generasi milenial memungkinkan adanya pengadopsian teknologi digital dengan sangat cepat. Selain itu, ia menyebut 41% transaksi ekonomi digital di Asia Tenggara saat ini juga berasal dari Indonesia.

Baca Juga: Bertemu Menparekraf, UMKM Gula Semut Curhat Soal Wajan yang Sudah Rapuh

"Itu sebetulnya salah satu kekuatan kita, yang harusnya bisa dimanfaatkan. Jangan sampai transaksi digital kita hanya menjadi pasar saja, tapi yang ditransaksikan produk dari luar," ujarnya.

Fixy mengatakan, pemerintah dalam memperluas pemanfaatan dan membangun kesadaran digitalisasi sampai saat ini telah mengoptimalkan program Bangga Buatan Indonesia (BBI). BBI merupakan gerakan nasional yang dirancang pemerintah dan diluncurkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Mei 2020 lalu.

Menurut Fixy, hingga akhir tahun 2022 pemerintah telah menargetkan 20 juta UMKM dapat onboarding, yang mana sampai saat ini data menunjukan baru ada sekitar 18,5 juta UMKM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini