Share

Harga Emas Antam Rp988 Ribu/Gram, Saatnya Beli atau Jual?

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 622 2620981 harga-emas-antam-rp988-ribu-gram-saatnya-beli-atau-jual-lvNmT75jPu.jpg Harga emas antam stagnan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) dibanderol Rp 988.000 per gram. Harga emas antam tidak mengalami perubahan sejak perdagangan kemarin.

Dengan kondisi ini, apakah waktu yang tepat untuk membeli atau justru menjual koleksi emas antam?

Pengamat Pasar Uang Ibrahim Assuaibi mengatakan, para spekulan sedang tertuju terhadap resesi di Amerika Serikat (AS) akibat kenaikan inflasi kemudian juga karena Bank Sentral AS akan menaikkan suku bunga.

"Tapi kemungkinan besar pemerintah Amerika dan Bank Sentral akan terus melakukan pembenahan-pembenahan pasca inflasi sehingga apa yang ditakutkan oleh spekulan yang mengira Amerika akan resesi, tidak terjadi," terang Ibrahim kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (30/6/2022).

Sambung dia, yang menjadi sorotan lainnya adalah PDB Amerika pada kuartal I dan III. Ini yang menyebabkan harga emas Antam atau logam mulia fluktuatif.

"Tadi malam harga emas dunia sempat terjadi kenaikan di USD 1.832 per ounce. Kemudian jatuh tak terduga di level USD 1.809. Ada kemungkinan besar harga emas dunia akan di bawah USD 1.800-an. Kalau seandainya di bawah USD 1.800 maka akan berpengaruh terhadap harga logam mulia," papar Ibrahim.

Mengingat hal itu, ia menghimbau para investor untuk wait and see terlebih dahulu. Karena kemungkinan besar harga logam mulia maupun emas dunia masih akan terus terkoreksi.

Lanjut Ibrahim menyarankan, baiknya para investor menunggu sampai harga logam mulia menyentuh 954.000 per gram.

"Di situlah waktu tepat untuk investor bisa kembali melakukan pembelian terhadap logam mulia," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini