Share

Jelang Idul Adha, Pedagang Sapi Mengaku Untung di Tengah Wabah PMK

Ikhsan Permana, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 320 2622818 jelang-idul-adha-pedagang-sapi-mengaku-untung-di-tengah-wabah-pmk-1W0ho6ZAPd.jpg Wabah PMK (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pedagang sapi mengalami peningkatan pendapatan menjelang Hari Raya Idul Adha di tengah merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Kalau penurunan pembelian pasti ada, tapi kalau untuk saya saat ini malah naik, meningkat," kata salah seorang pedagang bernama Auli Akbar kepada MPI, Minggu (3/7/2022).

Menurutnya hal itu terjadi karena jumlah pedagang hewan ternak mengalami penurunan, jumlah pedagang tidak sebanyak saat Idul Adha tahun sebelumnya.

"Dikarenakan pembeli menurun, tapi pedagang juga menurun, jadi imbang, kalau saya Alhamdulillah tetep stabil, malah mungkin saya ada meningkat, memang pembelinya kalau untuk global turun tapi penjualnya juga turun," terangnya.

Ia menambahkan, penurunan jumlah pedagang ini terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena keputusan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang menutup dan melarang sapi untuk dikirim ke wilayah Jabodetabek.

"Pemprov Bali itu biasanya setiap bulan mengeluarkan izin untuk sebanyak 40.000 ekor, saat ini Pemprov Bali hanya mengeluarkan 20.000 ekor, itu juga belum terealisasi. Ditambah lagi Pemprov Jawa Timur menutup, melarang sapinya untuk berangkat, jadi semakin berkurang yang berdagang dan hewan ternak semakin berkurang, jadi otomatis kita pun meningkat," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini