Share

Tips Bisnis: UMKM Tak Melulu Harus Modal Besar, Yang Penting Jujur

Viola Triamanda, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 455 2622803 tips-bisnis-umkm-tak-melulu-harus-modal-besar-yang-penting-jujur-tvO33ty9tw.jpg UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - UMKM di Indonesia saat ini turut membantu pertumbuhan perekonomian pasca pandemi Covid-19. Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis di skala kecil.

Ketua DPD Partai Perindo Bekasi, Andri Ariansyah menyatakan bahwa untuk memulai bisnis yang diperlukan adalah keyakinan serta perencanaan kedepan. Menurutnya jika ingin berusaha tidaklah harus diawali oleh modal yang besar, karena uang bukanlah penentu.

"Yang penting adalah kejujuran dan manajemen dalam perusahaan. Prinsip saya jangan kejar uangnya, tapi kerja pekerjaannya maka otomatis uang akan ngejar," ujarnya dalam podcast Aksi Nyata di akun YouTube resmi Partai Perindo, Minggu (7/3/2022)

Sementara itu dia juga menjelaskan bahwa pertumbuhan UMKM di wilayah Bekasi sudah mulai membaik. Hal ini dikarenakan padatnya masyarakat Bekasi yang memudahkan UMKM dalam menarik pelanggan.

"Paling kesulitannya saat ini adalah penyesuaian harga yang ditawarkan mengingat adanya kenaikan pada harga bahan makanan," jelasnya.

Andri juga menjelaskan bahwa Partai Perindo saat ini sudah mempersiapkan mitra yang nantinya akan membantu UMKM untuk meningkatkan daya saing.

Tidak hanya itu, Patai Perindo juga menyediakan ahli IT yang nantinya akan menghadirkan program untuk meningkatkan kualitas UMKM.

"Kami mendorong masyarakat untuk memiliki potensi berpikir dalam hal menyediakan yang sebelumnya belum ada, jadi semua masyarakat punya kesempatan untuk membangun bisnisnya," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini