Share

DPR Izinkan Rights Issue 6 BUMN, Berikut Daftar Perusahaannya

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 278 2623515 dpr-izinkan-rights-issue-6-bumn-berikut-daftar-perusahaannya-Yuh5Fyd4xq.jfif Rencana Rights Issue 6 BUMN. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - DPR restui aksi korporasi 6 BUMN yang berencana melakukan rights issue tahun ini. Persetujuan Komisi VI disampaikan dalam rapat kerja bersama Menteri BUMN Erick Thohir.

"Komisi VI DPR meminta Kementerian BUMN perhatikan seluruh catatan pandangan fraksi-fraksi Komisi VI DPR terkait PMN 2023, dan inisiatif corporate action 2022 sebagai bagian tak terpisahkan," ungkap Wakil Ketua Komisi VI DPR, Mohamad Hekal saat membacakan kesimpulan rapat, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Bank NOBU Rencanakan Rights Issue 630 Juta Saham

Adapun 6 BUMN yang melakukan rights issue di antaranya, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Lalu, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Baca Juga: Perkuat Modal, Garuda Indonesia Bakal Rights Issue 2 Kali

Bagian dari upaya rights issue, Kementerian BUMN akan melimpahkan saham negara di PT Semen Baturaja Tbk, (SMBR) kepada Semen Indonesia.

"Baturaja ini masih di luar holding semen dan kita sudah sepakat akan kita injek kepada semen Indonesia, sedang jalan proses. Yang unik Baturaja perusahaan publik jadi cukup kompleks, butuh persetujuan kedua belah pihak dan diharapkan bisa terlaksana," ujar Wakil Menteri BUMN II, Kartiko Wirjoatmodjo atau Tiko.

Untuk Waskita, Kementerian BUMN mendorong agar emiten mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp3 triliun. Tambahan dana juga akan diperoleh perusahaan melalui penerbitan saham baru di pasar modal.

Ihwal rights issue Waskita Karya, lanjut Tiko, akan menjadi aksi korporasi emiten di BEI yang terakhir, setelah pada tahun lalu perusahaan sudah melaksanakan HMETD.

"Jadi ini rights isauw terakhir yang di Waskita setelah tahun lalu sudah rights issue pertama dan diharapkan dengan right issue terakhir ini dan juga penjualan beberapa ruas tol di tahun ini diharapkan Waskita di tahun 2022 dan 2023 nanti sudah mulai masuk ke fase penyehatan," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini