Share

Beli Pertalite Pakai Aplikasi, Pertamina Harus Cabut Aturan Dilarang Main HP di SPBU

Heri Purnomo, iNews · Senin 04 Juli 2022 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 320 2623302 beli-pertalite-pakai-aplikasi-pertamina-harus-cabut-aturan-dilarang-main-hp-di-spbu-harus-tHkVMISDIB.jpg Beli Pertalite dan Solar Harus Daftar. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) diminta mencabut aturan dilarang main ponsel atau handphone (HP) di SPBU. Hal ini terkait aturan beli Pertalite dan Solar menggunakan MyPertamina.

Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi mengatakan, apabila Pertamina mendorong transaksi menggunakan aplikasi MyPertamina, maka ada aturan yang harus dicabut larangannya. Di mana penggunaan telepon genggam di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) harus dicabut terlebih dahulu.

"Jadi memang aturan yang harus dicabut itu kita bebas pakai ponsel di SPBU itu harus diubah ke sana dulu," kata Heru kepada MNC Portal Indonesia, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Proses Beli Pertalite dan Solar Bagi Pengguna Terdaftar, Simak Ya!

Menurutnya, jika aturan itu belum berubah, maka sudah selayaknya masyarakat harus tetap patuh untuk tidak menggunakan telepon genggam di SPBU.

"Jadi kalau itu belum diubah artinya bahwa masyarakat sebenarnya harus tetap patuh untuk tidak menggunakan ponsel di pom bensin," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Faktor Industri Properti Jadi Andalan Ekonomi, Serap Ribuan Pekerja hingga Hasilkan Pajak

Heru menambahkan kalau aturan itu tidak dilakukan perubahan, dikhawatirkan akan menimbulkan hal yang kontradiktif bagi masyarakat.

"Pom bensin itu kan ada tulisan gede tidak boleh menggunakan ponsel, tapi sekarang kita pake ponsel di pom bensin, ini kan juga jadi hal yang kontradiktif bagi masyarakat," jelasnya.

Berikut proses atau tahapan transaksi beli Pertalite dan Solar bagi pengguna terdaftar:

1. Masyarakat daftar melalui laman subsiditepat.mypertamina.id.

2. Jika kendaraan dan identitas masyarakat sudah terkonfirmasi dan terdaftar, pengguna akan mendapatkan QR Code Unik.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

3. QR Code Unik dapat digunakan melalui aplikasi MyPertamina. QR Code Unik ini juga bisa di print atau disimpan di galeri ponsel masing-masing.

4. QR Code Unik nantinya dicocokan datanya di SPBU.

5. Setelah itu Pertamina siap melayani transaksi Pertalite dan Solar.

Adapun untuk pembayaran masih sama dengan transaksi seperti biasa. Masyarakat memiliki banyak opsi, mulai dari pembayaran tunai (uang cash), kartu kredit/debit, ataupun pilihan non tunai lainnya.

Jadi tidak terbatas hanya menggunakan MyPertamina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini